PENGARUH PEMIKIRAN PLATON, KANT, HEGEL, DAN DESCARTES TERHADAP PEMAHAMAN HERMENEUTIKA LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Utara)

Saputra, Jennifer (2015) PENGARUH PEMIKIRAN PLATON, KANT, HEGEL, DAN DESCARTES TERHADAP PEMAHAMAN HERMENEUTIKA LAPORAN KEUANGAN (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Utara). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Jennifer Saputra 125110840 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Unit penelitian ini adalah 96 responden pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Utara. Metode alat analis menggunakan SEM analysis untuk mengetahui pengaruh secara parsial maupun simultan. Penelitian ini dilakukan dengan satu model, yakni : Model I: Pengaruh Pemikiran Platon (X), Kant (X), Hegel (X), Dan Descartes (X) Terhadap Pemahaman Hermeneutika Laporan Keuangan (Y). Secara parsial : pengaruh Xi terhadap Y sebesar 0.088 non signifikan; pengaruh X terhadap Y sebesar -0.118 signifikan; pengaruh X, terhadap Y sebesar 0.662 non signifikan; pengaruh X¢ terhadap Y sebesar 0.282 non signifikan; Secara simultan : Pengaruh Pemikiran Platon (X), Kant (X), Hegel (X), Dan Descartes (X) Terhadap Pemahaman Hermeneutika Laporan Keuangan (Y) sebesar 0.000 signifikan. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan seluruh tinjauan pustaka, kerangka pemikiran, dan penelitian-penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian: (a) Penambahan variable pemikiran filsuf Paul Ricouer dan filsuf Jurgen Habermas untuk menguji pengaruh 34,5% diluar model terhadap Pemahaman Hermeneutika Laporan Keuangan pada penelitian selanjutnya, (b) Melakukan penelitian pada kantor akuntan publik yang berdomisili di wilayah selain Jakarta Utara, (c) Memperluas sample dalam melakukan penelitian. Kata Kunci : Pengaruh Pemikiran Platon, Kant, Hegel, dan Descartes, Pemahaman Hermeneutika Laporan Keuangan, Kantor Akuntan Publik di Jakarta Utara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 22 Jun 2023 09:03
Last Modified: 22 Jun 2023 09:03
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40909

Actions (login required)

View Item View Item