Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat (Beneficial Owner) Terhadap Perseroan Terbatas Terkait Kewenangan Notaris Dalam Pembuatan Akta Otentik

Hambali, Livia (2023) Penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat (Beneficial Owner) Terhadap Perseroan Terbatas Terkait Kewenangan Notaris Dalam Pembuatan Akta Otentik. Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Livia Hambali_217211004.pdf

Download (684kB)
[img] Text
Bab isi_Livia Hambali_217211004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Livia Hambali_217211004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (227kB)
[img] Text
Lampiran_Livia Hambali_217211004.pdf
Restricted to Registered users only

Download (12MB)

Abstract

Tugas jabatan Notaris ialah memformulasikan keinginan para pihak ke dalam akta otentik. Oleh karena itu, banyak perbuatan hukum yang mewajibkan menggunakan akta notariil sebagai salah satu persyaratannya. Salah satunya ialah dalam hal pendirian Perseroan Terbatas (“PT”). Pendirian PT dapat dimanfaatkan untuk melakukan tindakan pencucian uang (“TPPU”) dan pendanaan terorisme. Untuk mencegah hal tersebut, Notaris diwajibkan untuk menerapkan Prinsip Mengenali Pengguna Jasa (“PMPJ”) yang diatur dalam Permenkumham 9/2017. Notaris juga diwajibkan untuk memperoleh informasi Pemilik Manfaat dari korporasi. Pengaturan mengenai hal ini diatur dalam Perpres 13/2018. Dalam praktiknya, belum adanya transparansi dari korporasi untuk mengungkapkan pemilik manfaat yang sebenarnya. Pengguna jasa hanya memberitahukan pemilik manfaat hanya sebatas nama yang tercantum di dalam akta PT. Penelitian ini mempunyai tujuan untuk mengetahui bagaimana implementasi Perpres Nomor 13 Tahun 2018 berkaitan dengan penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat PT dan bagaimana tanggung jawab hukum seorang Notaris terkait dengan penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat bagi PT. Penelitian ini menggunakan penelitian hukum Yuridis Normatif. Penelitian ini bersifat Deskriptif Analitis, yang akan melihat norma-norma hukum yang terdapat dalam peraturan perundang-undangan (law in book), dengan pelaksanaannya dalam masyarakat (law in action). Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa: dengan dikeluarkannya Perpres 13/2018 menjadi titik terang terhadap kepemilikan dalam bentuk beneficial untuk diakui. Surat pernyataan Pemilik Manfaat dapat menjadi alat bukti tertulis bagi Pemilik Manfaat dalam mempertahankan haknya apabila di kemudian hari terdapat sengketa. Notaris wajib melaksanakan penerapan Prinsip Mengenali Pemilik Manfaat dengan segala keterbatasannya, sehingga apa yang dijalankan Notaris hanya bersifat administrasi. Segala konsekuensi hukum yang timbul di kemudian hari bagi Notaris tidak dapat dibebankan kepada Notaris sepanjang Notaris sudah melaksanakan jabatannya berdasarkan prinsip dan prosedur dalam UUJN serta peraturan perundang-undangan lainnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Ariawan Gunadi, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Pemilik Manfaat, Notaris, Perseroan Terbatas, Prinsip Mengenal Pengguna Jasa.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Jun 2023 04:08
Last Modified: 24 Jun 2023 04:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40920

Actions (login required)

View Item View Item