Balik Nama Sertifikat Hak Milik Atas Tanah Waris Secara Sepihak Tanpa Sepengetahuan Ahli Waris Lainnya Dihubungkan Dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Studi Kasus Putusan Nomor 60/Pdt.G/2018/PN.Ptk)

Herdiana, Nabilla Rizki Aprilian (2023) Balik Nama Sertifikat Hak Milik Atas Tanah Waris Secara Sepihak Tanpa Sepengetahuan Ahli Waris Lainnya Dihubungkan Dengan Kitab Undang-Undang Hukum Perdata (Studi Kasus Putusan Nomor 60/Pdt.G/2018/PN.Ptk). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Nabilla Rizki Aprilian H_2172110.pdf

Download (234kB)
[img] Text
Bab isi_Nabilla Rizki Aprilian H_2172110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (851kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Nabilla Rizki Aprilian H_2172110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (140kB)
[img] Text
Lampiran_Nabilla Rizki Aprilian H_2172110.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Hak milik dapat beralih dan dialihkan kepada pihak lain karena meninggalnya seseorang sehingga harta yang ditinggalkan beralih kepada ahli waris. Sertifikat adalah suatu tanda bukti hak atas tanah untuk menjamin kepastian hukum. Kepemilikan Bersama harta tidak dapat dialihkan kepada orang lain tanpa persetujuan atau sepengetahuan seluruh ahli waris. Namun dalam kenyataannya masih terdapat peralihan hak atas tanah melalui pewarisan yang tidak melibatkan seluruh ahli waris dalam proses peralihan. Dalam penulisan ini juga penulis akan menganalisis lebih lanjut mengenai Putusan Nomor: 60/Pdt.G/2018/PN.Ptk. dimana terdapat perbuatan melawan hukum dari salah satu ahli waris yang melalukan peralihan hak atas tanah dan telah balik nama sertifikat hak milik atas tanah waris secara sepihak tanpa sepengetahuan ahli waris lainnya yang mempunyai hak dari warisan tersebut. Sehingga meyebabkan terjadinya penyimpangan hukum. Dari permasalahan tersebut rumusan masalah yang diteliti oleh penulis yaitu: Bagaimana perlindungan hukum terhadap para penggugat yang memiliki alas hak secara penuh terkait tindakan balik nama sertifikat hak milik atas tanah waris secara sepihak tanpa sepengetahuan ahli waris lainnya. Bagaimana penyelesaian hukum terhadap tindakan balik nama sertifikat hak milik atas tanah waris secara sepihak tanpa sepengetahuan ahli waris lainnya. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan tesis berupa metode pendekatan yuridis normatif. Perlindungan hukum terhadap para ahli waris yang memiliki atas hak secara penuh terkait tindakan balik nama sertifikat hak milik atas tanah waris secara sepihak tanpa sepengetahuan ahli waris lainnya ialah setiap ahli waris berhak mengajukan gugatan melalui Lembaga Pengadilan guna memperjuangkan hak warisnya sebagaimana Pasal 834 KUHPerdata. Penyelesaian hukumnya dengan mengajukan gugatan melalui lembaga pengadilan jika sudah keluarnya putusan pengadilan yang telah memperoleh kekuatan hukum tetap, sertifikat hak milik tersebut mengandung cacat hukum dalam penerbitannya dan dinyatakan tidak sah dan tidak berkekuatan hukum.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof. Dr. Jeane Neltje Saly, S.H., M.H., APU.
Uncontrolled Keywords: Balik Nama, Sertifikat Hak Milik, Ahli Waris.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 24 Jun 2023 04:47
Last Modified: 24 Jun 2023 04:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40923

Actions (login required)

View Item View Item