Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Paten Asing Di Indonesia Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Paten Dari Perspektif Keadilan

Ludiyanto, Ludiyanto (2023) Perlindungan Hukum Bagi Pemegang Hak Paten Asing Di Indonesia Menurut Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 Tentang Paten Dari Perspektif Keadilan. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Ludiyanto_208191009.pdf

Download (413kB)
[img] Text
Bab isi_Ludiyanto_208191009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Ludiyanto_208191009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (386kB)
[img] Text
Lampiran Ludiyanto_208191009.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Paten merupakan kekayaan intelektual yang diberikan oleh negara kepada inventor termasuk inventor asing atas hasil invensinya di bidang teknologi yang mempunyai peranan strategis dalam mendukung pembangunan bangsa dan memajukan kesejahteraan umum. Perkembangan teknologi sedemikian pesat sehingga diperlukan peningkatan pelindungan guna dapat memotivasi inventor untuk meningkatkan hasil karya, baik secara kuantitas maupun kualitas untuk mendorong kesejahteraan bangsa dan negara serta menciptakan iklim usaha yang sehat. Kewajiban Pemegang paten adalah wajib membuat produk atau menggunakan proses di Indonesia. Permasalahannya adalah bagaimana perlindungan hukum bagi pemegang hak paten asing di Indonesia menurut Undang-Undang nomor 13 tahun 2016 tentang paten dari perspektif keadilan, dan bagaimana pelaksanaan perlindungan bagi pemegang hak paten asing di Indonesia menurut Undang-Undang cipta Kerja? Teori dasar yang dipergunakan dalam menganalisis data penelitian adalah teori keadilan (grand theory), teori perlindungan hukum (middle theory), dan teori Paten (applied theory). Metode penelitian adalah normatif, dengan memposisikan hukum sebagai sistem norma, terutama norma hukum Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten, khususnya Pasal 20, termasuk perubahannya pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja. Temuan bahwa walaupun dianggap Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten, memenuhi kebutuhan perkembangan hukum, dan sesuai dengan Pasal 7 TRIPs, namun Pasal 20 bertentangan dengan asas non-diskriminasi dalam Perjanjian TRIPs Pasal 27, berdampak tidak secara optimal memberikan perlindungan kepada pemegang hak Paten asing. Oleh karena itu guna memenuhi kebutuhan perkembangan globalisasi bisnis dan politik perdagangan internasional, pemerintah mengubah Pasal 20 dalam Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja dalam Pasal 107 untuk memenuhi prinsip keadilan distributif (distributive justice) dan principle of (fair) equality of opportunity oleh John Rawls, dan selaras dengan nilai keadilan sila kelima Pancasila dan UUD 1945. Untuk itu diharapkan agar Pasal 20 Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2016 tentang Paten yg diubah pada Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020, tentang Cipta Kerja, pada Pasal 107 tentang paten, yang Pasal 20 pada ayat (2) huruf d yg ditambahkan kata kata:”paten produk, paten proses, dan paten metode, dalam hal impor wajib melakukan alih teknologi, terutama untuk paten yang menyangkut hajat hidup orang banyak.” Dan peraturan pelaksanaan berupa Peraturan Pemerintah dan Peraturan Menteri yang lebih rinci. Negara berkewajiban meningkatkan perlindungan hukum terhadap penanaman modal asing di Indonesia. Hal ini diperlukan dalam rangka percepatan proses pembangunan di segala bidang kehidupan, terutama untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi guna mewujudkan cita-cita bangsa, yaitu masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Additional Information: Promotor: Prof.Dr. Jeane Neltje Saly, S.H.,M.H.,APU Co-Promotor: Dr. FX. Suyud Margono, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: hak kekayaan intelektual, paten, keadilan, invensi, inventor asing, investasi, alih teknologi.
Subjects: Disertasi
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 11 Jul 2023 03:25
Last Modified: 11 Jul 2023 03:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/40948

Actions (login required)

View Item View Item