Penerapan Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP pada Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor 814/Pid.B/2021/PN Jkt.Brt

Lafentia, Agatha (2023) Penerapan Batasan Tindak Pidana Ringan dan Jumlah Denda dalam KUHP pada Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat Nomor 814/Pid.B/2021/PN Jkt.Brt. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Agatha Lafentia_205190235.pdf

Download (146kB)
[img] Text
Bab isi_Agatha Lafentia_205190235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (736kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Agatha Lafentia_205190235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB)
[img] Text
Lampiran_Agatha Lafentia_205190235.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Dalam kasus pencurian, batasan pidana ringan dan besaran denda yang telah diatur tidak diterapkan secara optimal. Melalui kajian putusan tertulis ini, kasus pencurian dijerat dengan pasal-pasal yang tidak sesuai dengan keterangan saksi yang dimuat dalam berkas perkara. Penyidik dalam menerapkan pasal tersebut, harus berhati-hati, karena penerapan pasal yang diterbitkan oleh penyidik, maka akan menjadi dakwaan oleh Kejaksaan. Jika penerapan pasal tersebut tidak sesuai, Penuntut Umum dapat memberikan petunjuk. Jika surat dakwaan primer tidak diterbitkan, karena tidak sesuai dengan kronologis, maka dapat diterapkan pasal-pasal lain yang sesuai dan meringankan Terdakwa. Namun tidak dengan putusan pada tulisan ini, karena ketiga landasan hukum yaitu kemanfaatan, keadilan, dan kepastian tidak sepenuhnya terpenuhi. Kemanfaatan dalam hal ini terpenuhi, dengan tertuduh dipidana, tetapi tidak dengan keadilan dan kepastian. Ketidakadilan muncul karena penerapan pasal dan tuntutan terhadap Terdakwa tidak sesuai dengan kronologi yang ada. Sedangkan ketidakpastian muncul karena Perma Nomor 2 Tahun 2012 tidak dilaksanakan sesuai dengan rekomendasi yang ada, seperti kerugian yang terkandung dalam putusan di bawah Rp. 2.500.000,- (dua juta lima ratus ribu rupiah), namun Terdakwa tetap merasakan sidang biasa. harus adil, dan pasti. Ketiganya harus diterapkan, guna mencapai cita-cita hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. R. Rahaditya, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Tindak Pidana Ringan, Perma Nomor 2 Tahun 2012, Dakwaan, Keadilan, Kepastian Hukum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:28
Last Modified: 21 Jul 2023 08:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41005

Actions (login required)

View Item View Item