Penyelesaian Kasus Sertifikat Hak Atas Tanah Cacat Hukum Menurut Hukum Pertanahan di Indonesia (Studi Kasus Putusan Nomor: 46/G/2019/PTUN-SRG)

Andini, Agnelia (2023) Penyelesaian Kasus Sertifikat Hak Atas Tanah Cacat Hukum Menurut Hukum Pertanahan di Indonesia (Studi Kasus Putusan Nomor: 46/G/2019/PTUN-SRG). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Agnelia Andini 205170141.pdf

Download (410kB)
[img] Text
Bab isi_Agnelia Andini 205170141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (614kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Agnelia Andini 205170141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (308kB)
[img] Text
Lampiran_Agnelia Andini 205170141.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penggugat mengajukan permohonan pengukuran kepada tergugat. Akan tetapi pada lokasi tanah milik Penggugat yang diajukan telah terdapat empat sertifikat hak atas tanah yang diterbitkan oleh tergugat. Penggugat mengajukan tuntutan atas empat Surat Keputusan Pejabat Tata Usaha Negara tersebut. Pada dasarnya penggugat maupun pemilik tanah sebelumnya belum pernah mendaftarkan tanah yang dimilikinya sehingga tidak seharusnya tanah tersebut telah bersertifikat. Keempat sertifikat yang diterbitkan juga memiliki kecacatan dan tidak dilandasi oleh alas hak yang benar yang mana menurut hukum pertanahan Indonesia seharusnya tidak dapat diterbitkan. Penelitian ini adalah jenis penelitian normatif yang bersifat deskriptif. Sumber data yang digunakan adalah data-data primer, sekunder, dan tersier. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa tergugat telah lalai dan tidak cermat dalam melaksanakan tanggung jawabnya sebagai pelayan publik dalam menerbitkan sertifikat hak atas tanah sehingga mengakibatkan terbitnya sertifikat hak atas tanah yang cacat. Tergugat bertanggung jawab secara administratif maupun secara perdata. Kesimpulan daripada penelitian ini adalah penggugat dirugikan oleh tergugat yang merupakan pihak yang berwenang dalam melahirkan sertifikat tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Rasji, S.H.,M.H.
Uncontrolled Keywords: Sertifikat, hak atas tanah, Cacat, Pembatalan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:24
Last Modified: 21 Jul 2023 08:24
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41007

Actions (login required)

View Item View Item