Analisis Pertanggungjawaban Pidana Pegawai Bank Yang Melakukan Pemalsuan Data Nasabah (Studi Putusan Nomor 1153/Pid.Sus/2020/Pn.Jkt.Brt)

Asmawi, Ainushafwah (2023) Analisis Pertanggungjawaban Pidana Pegawai Bank Yang Melakukan Pemalsuan Data Nasabah (Studi Putusan Nomor 1153/Pid.Sus/2020/Pn.Jkt.Brt). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Ainushafwah Asmawi_205190078.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab isi_Ainushafwah Asmawi_205190078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (23MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Ainushafwah Asmawi_205190078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (700kB)
[img] Text
Lampiran_Ainushafwah Asmawi_205190078.pdf
Restricted to Registered users only

Download (20MB)

Abstract

Di dalam kasus ini, kedudukan terdakwa I sebagai Senior Relationship Officer dan terdakwa II sebagai Key Account Manager yang sama-sama memiliki tugas dan tanggungjawab terhadap kegiatan usaha PT. BANK SINARMAS Tbk dalam putusan ini posisi pegawai bank sudah menjadi pelaku dan turut serta melakukan kejahatan pembuatan pencatatan palsu nasabah untuk mendapatkan keuntungan dengan jalan Pelaku melakukan pemalsuan sertifikat dengan mengosongkan isi sertifikat tersebut supaya dapat diisi oleh pegawai bank sesuai dengan kamauannya dan meminta untuk menyiapkan blangko kosong. Selain itu pelaku juga melakukan pemalsuan stempel, pemalsuan tandatangan Pihak Bank maupun tandatangan pihak penerima dana dan hal lainnya yang berkaitan dengan administrasi pencairan dana tersebut. Perbuatan ini dilakukan untuk mendapatkan keuntungan sebesar Rp. 500.000.000,00 (Lima ratus juta rupiah) dari PT. BANK SINARMAS, Tbk Unit Usaha Syariah yang seharusnya dana tersebut di terima oleh PT. Kencana Agung Lestari. Tetapi dalam putusan tersebut terdapat kekeliruan dikarenakan hakim menjerat para terdakwa dengan Undang-Undang Perbankan Syariah sedangkan para terdakwa merupakan pegawai bank konvensional yang tidak memiliki Unit Usaha Syariah, seharusnya para terdakwa dijerat dengan Undang-Undang Perbankan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., MPA.
Uncontrolled Keywords: Hukum Pidana, Tindak Pidana Perbankan
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 21 Jul 2023 08:22
Last Modified: 21 Jul 2023 08:22
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41008

Actions (login required)

View Item View Item