Pola Komunikasi Guru dengan siswa berkebutuhan khusus dalam mengembangkan pontensi kemandirian anak di SMK Patmos Jakarta Barat

Tamala, Evi (2015) Pola Komunikasi Guru dengan siswa berkebutuhan khusus dalam mengembangkan pontensi kemandirian anak di SMK Patmos Jakarta Barat. Skripsi thesis, UNIVERSITAS TARUMANEGARA.

Full text not available from this repository.

Abstract

Setiap anak memiliki potensi yang perlu dikembangkan untuk menjadikan anak lebih siap menghadapi kehidupan sendiri tanpa pendampingan orang lain. Potensi kemandirian anak dapat dikembangkan melalui pola komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar dengan mengembangkan melalui pola komunikasi dalam kegiatan belajar mengajar dengan pengembangan kecakapan oleh guru dengan siswa di sekolah . Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi guru dengan siswa berkebutuhan khusus dalam mengembangkan potensi kemandirian anak melalui kegiatan belajar mengajar di SMK Patmos. Penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif. Key informan dalam penelitian ini adalah guru SMK Patmos. Kemudian terdapat informan lainnya yaitu siswa dan petugas sekolah untuk memperkuat hasil penelitian . penelitian ini menemukan bahwa pola komunikasi guru dengan siswa berkebutuhan khusus melalui kegiatan belajar mengajar cukup mendukung dalam mengembangkan potensi kemandirian anak di SMK Patmos. Komunikasi interpersonal dan komunikasi kelompok kerap terjadi didalam maupun diluar jam pelajaran. guru lebih sering menggunakan pola komunikasi interpersonal yang dinilai efektif untuk mengembangkan potensi kemandirian anak dan komunikasi interpersonal dilakukan dengan penuh kasih sayang. dalam hasil penelitian juga ditemukan pola komunikasi pembelajaran yang paling efektif adalah pola komunikasi yang melibatkan guru dan seluruh siswa aktif dengan adanya interaksi yang memberikan umpan balik, dan umpan balik ini yang menjadi dasar penilaian bagi guru pada setiap kemampuan siswa. kata kunci: Pola komunikasi, komunikasi interpersonal, guru dengan siswa dan mengembangkan potensi kemandirian anak.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Pola komunikasi, komunikasi interpersonal, guru dengan siswa dan mengembangkan potensi kemandirian anak.
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ilmu Komunikasi
Divisions: Fakultas Ilmu Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 12 Jul 2018 08:18
Last Modified: 12 Jul 2018 08:18
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4107

Actions (login required)

View Item View Item