ANALISIS APLIKASI PERHITUNGAN, PEMOTONGAN, PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 DAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA PT CAKRAWALA

Elizabeth, Elizabeth (2011) ANALISIS APLIKASI PERHITUNGAN, PEMOTONGAN, PELAPORAN PAJAK PENGHASILAN PASAL 21 DAN PAJAK PERTAMBAHAN NILAI PADA PT CAKRAWALA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Elizabeth 125070258 JA.pdf

Download (49kB)

Abstract

(E) Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah perusahaan sudah melakukan perhitungan, pemotongan, pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan Pajak Pertambahan Nilai sesuai ketentuan peraturan perpajakan yang berlaku. Penelitian kepustakaan dan lapangan telah dilakukan untuk mengetahui apakah perusahaan sudah melakukan perhitungan, pemotongan, pelaporan Pajak Penghasilan Pasal 21 dan Pajak Pertambahan Nilai dengan benar dan tepat. Wawancara dengan Finance & Accounting Manager dan staff perusahaan dilakukan untuk mengetahui hal-hal yang tidak sesuai ketentuan peraturan peraturan perpajakan yang berlaku. Dalam perhitungan PPh Pasal 21, tunjangan transport tidak dimasukkan dalam perhitungan gaji karyawan dan pada bulan tertentu uang bonus dan uang cuti juga tidak masuk dalam perhitungan gaji karyawan. Dalam perhitungan Pajak Pertambahan Nilai, perusahaan tidak selalu membuat Faktur Pajak setiap terjadi penyerahan BKP dan atau JKP, ada transaksi yang dilakukan kepada sesama Pengusaha Kena Pajak tetapi tidak dilaporkan dalam SPT masa PPN, dan terdapat kesalahan dalm menjurnal PPN Masukan dan PPN Keluaran. Sebaiknya perusahaan memperhatikan hal-hal tersebut dan berusaha memperbaikinya agar sesuai dengan ketentuan perpajakan yang berlaku. Kesadaran dalam melaksanakan kewajiban perpajakan perlu ditingkatkan mengingat pajak berperan penting dalam pembangunan Negara.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2023 08:28
Last Modified: 18 Aug 2023 08:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41439

Actions (login required)

View Item View Item