PENGARUH ASET PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL, TINGKAT HUTANG, DAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MEMPREDIKSI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Fenny, Fenny (2011) PENGARUH ASET PAJAK TANGGUHAN, AKRUAL, TINGKAT HUTANG, DAN UKURAN PERUSAHAAN DALAM MEMPREDIKSI MANAJEMEN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Fenny 125070280 JA.pdf

Download (94kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui apakah terdapat pengaruh aset pajak tangguhan, akrual, tingkat hutang, dan ukuran perusahaan dalam memprediksi manajemen laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian kepustakaan dan lapangan dilakukan untuk melihat apakah terdapat pengaruh keempat variabel bebas terhadap manajemen laba selaku variabel terikat. Penelitian dilakukan selama tahun 2006-2009. Data dipilih dengan metode purposive sampling dan metode pengujian statistik yang digunakan adalah regresi logistik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aset pajak tangguhan, akrual, dan tingkat hutang tidak terbukti memiliki pengaruh signifikan dalam memprediksi manajemen laba, sebaliknya hanya ukuran perusahaan yang terbukti memiliki pengaruh signifikan dalam memprediksi manajemen laba. Pengujian berikutnya diharapkan dapat memperluas sampel penelitian dengan memperpanjang periode penelitian dan menambah variabel lain selain keempat variabel bebas dalam memprediksi manajemen laba.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 18 Aug 2023 09:28
Last Modified: 18 Aug 2023 09:28
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41447

Actions (login required)

View Item View Item