PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2005-2009)

Japar, Florinda (2011) PENGARUH RASIO LIKUIDITAS, PROFITABILITAS, DAN SOLVABILITAS TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (STUDI PADA PERUSAHAAN PERTAMBANGAN YANG TERDAFTAR DI BEI 2005-2009). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Florinda Japar 125070335 JA.pdf

Download (62kB)

Abstract

(E) Penelitian yang termasuk dalam penelitian statistical study ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya pengaruh rasio likuiditas yang diproksikan melalui current ratio, rasio profitabilitas yang diproksikan melalui profit margin on sales dan return on total asset, dan rasio solvabilitas yang diproksikan melalui debt to total assets ratio terhadap penerimaan opini audit going concern, baik secara parsial maupun simultan. Penelitian ini menggunakan data sekunder yang diperoleh dari Bursa Efek Indonesia (BEI). Populasi dalam penelitian ini adalah perusahaan-perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2005-2009 dan memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Sampel diambil dengan teknik purposive sampling. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah model regresi logistik dengan bantuan program SPSS for Windows 17.0. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk tahun 2005-2009 variabel rasio profitabilitas dan rasio solvabilitas berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern sedangkan variabel rasio likuiditas tidak memiliki pengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Variabel rasio likuiditas, profitabilitas, dan solvabilitas secara bersama-sama berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern. Variabel yang paling dominan berpengaruh terhadap penerimaan opini audit going concern adalah profit margin on sales.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Aug 2023 02:25
Last Modified: 21 Aug 2023 02:25
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41452

Actions (login required)

View Item View Item