ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, DAN HARGA SAHAM TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA

Hartati, Iin (2011) ANALISIS PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, PROFITABILITAS, FINANCIAL LEVERAGE, DAN HARGA SAHAM TERHADAP PRAKTIK PERATAAN LABA PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR DI BURSA EFEK INDONESIA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Iin H 125070224 JA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat praktik perataan laba pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia dan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, profitabilitas, financial leverage, dan harga saham mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap praktik perataan laba. Penghitungan dilakukan dengan menggunakan indeks Eckel dan pengujian yang digunakan adalah pengujian univariate dan multivariate secara serentak maupun secara terpisah. Hasil penghitungan dengan indeks Eckel menunjukkan bahwa terdapat praktik perataan laba yang dilakukan oleh perusahaan manufaktur yang ada di Bursa Efek Indonesia. Hasil pengujian univariate diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan variabel ukuran perusahaan antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba, dan terdapat perbedaan variabel profitabilitas, financial leverage, dan harga saham antara perusahaan perata laba dan bukan perata laba. Sedangkan, berdasarkan pengujian multivariate, diperoleh hasil bahwa hanya variabel profitabilitas yang mempunyai pengaruh terhadap praktik perataan laba. Untuk ketiga variabel lainnya, yaitu ukuran perusahaan, financial leverage, dan harga saham tidak mempunyai pengaruh terhadap praktik perataan laba. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menambah sampel perusahaan dan periode pengamatan, menggunakan metode sampling yang lain, dan menambah faktor-faktor lainnya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Aug 2023 03:12
Last Modified: 21 Aug 2023 03:12
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41462

Actions (login required)

View Item View Item