PENGARUH OPINI AUDIT, DEBT TO ASSETS RATIO, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN – PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2008-2009)

Leono, Jesson (2011) PENGARUH OPINI AUDIT, DEBT TO ASSETS RATIO, DAN UKURAN KAP TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN – PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2008-2009). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Jesson Leono 125070308 JA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh opini audit, debt to assets ratio, dan ukuran KAP terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI), serta untuk mengetahui seberapa besar kemampuan dari variabel independen (opini audit, debt to assets ratio, dan ukuran KAP) dalam menjelaskan variabel dependennya (audit delay) pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini menggunakan data 214 sampel selama tahun 2008 - 2009. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis penelitian adalah model regresi linier berganda. Oleh karenanya, sebelum melakukan pengujian hipotesis, dilakukan sejumlah pengujian asumsi klasik. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa, opini audit mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap audit delay dengan tingkat keyakinan 95%. Namun, debt to assets ratio dan ukuran KAP tidak mempunyai pengaruh signifikan terhadap audit delay dengan tingkat keyakinan 95%. Hendaknya penelitian selanjutnya menggunakan periode pengamatan yang lebih panjang, menyertakan variabel yang lain serta mempertimbangkan faktor-faktor ekonomi lainnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Aug 2023 04:00
Last Modified: 21 Aug 2023 04:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41474

Actions (login required)

View Item View Item