ANALISIS KETERKAITAN LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK DENGAN KELUASAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009)

Lisya, Lisya (2011) ANALISIS KETERKAITAN LEVERAGE, PROFITABILITAS, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DAN KEPEMILIKAN SAHAM PUBLIK DENGAN KELUASAN PENGUNGKAPAN LAPORAN KEUANGAN DAN IMPLIKASINYA TERHADAP ASIMETRI INFORMASI (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR PADA BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Lisya 125070513 JA.pdf

Download (67kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya keterkaitan leverage, profitabilitas, ukuran Kantor Akuntan Publik dan kepemilikan saham publik dengan luas pengungkapan laporan keuangan dan implikasinya terhadap asimetri informasi. Sampel yang dipilih adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2007 – 2009. Metode pemilihan sampel dalam penelitian ini adalah puposive sampling. Pengujian diawali dengan uji statistik deskriptif, pengujian asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, uji heteroskedastisitas, dan uji autokorelasi). Setelah uji asumsi klasik dilakukan maka dilakukan uji F, uji t, dan koefisien determinasi. Hasil pengujian secara simultan menunjukkan bahwa leverage, profitabilitas, ukuran Kantor Akuntan Publik, dan kepemilikan saham publik dapat digunakan untuk memprediksi luas pengungkapan laporan keuangan. Pengujian secara parsial menunjukkan bahwa hanya kepemilikan saham publik memiliki keterkaitan signifikan secara positif terhadap luas pengungkapan laporan keuangan, sedangkan leverage, profitabilitas, dan ukuran Kantor Akuntan Publik tidak memiliki keterkaitan signifikan dengan luas pengungkapan laporan keuangan. Hasil pengujian keterkaitan antara luas pengungkapan laporan keuangan dengan asimetri informasi menunjukkan bahwa luas pengungkapan laporan keuangan memiliki keterkaitan signifikan secara negatif terhadap asimetri informasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Aug 2023 06:27
Last Modified: 21 Aug 2023 06:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41488

Actions (login required)

View Item View Item