PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA JAKARTA TAMANSARI SATU

Noviyanti, Noviyanti (2011) PENGARUH TINGKAT PEMAHAMAN SELF ASSESSMENT SYSTEM DAN SANKSI PERPAJAKAN TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI KPP PRATAMA JAKARTA TAMANSARI SATU. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Noviyanti 125072002 JA.pdf

Download (47kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tingkat pemahaman self assessment system dan sanksi perpajakan terhadap kepatuhan wajib pajak orang pribadi dalam memenuhi kewajiban perpajakannya di KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu. Penelitian kepustakaan dilakukan dengan mempelajari jurnal-jurnal dan buku-buku teori , yang berhubungan dengan topik penelitian , yang terdapat di perpustakaan serta informasi lainnya dari berbagai website internet. Penelitian ini dilakukan terhadap wajib pajak orang pribadi (WP OP) yang terdaftar di KPP Pratama Jakarta Tamansari Satu dengan total sampel sebanyak 167 sampel. Metode pengumpulan data primer yang digunakan adalah dengan metode angket (kuesioner) . Penelitian yang dilakukan dengan menggunakan bantuan software SPSS 18 For Windows . Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan secara parsial , maka diperoleh kesimpulan bahwa tingkat pemahaman self assessment system tidak berpengaruh secara signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak, dan sanksi perpajakan memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Sedangkan , hasil analisis yang dilakukan secara silmultan menunjukan bahwa tingkat pemahaman self assessment system dan sanksi perpajakan berpengaruh secara silmultan terhadap kepatuhan wajib pajak. Penelitian selanjutnya diharapkan dapat menambah jumlah sampel , pengembangan dengan variabel-variabel lain , serta periode penelitian yang sebaiknya diperpanjang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 21 Aug 2023 08:54
Last Modified: 21 Aug 2023 08:54
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41506

Actions (login required)

View Item View Item