ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN PROPERTI, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI BEI TAHUN 2007-2009

Yudhisna, Rangga (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI INCOME SMOOTHING PADA PERUSAHAAN PROPERTI, REAL ESTATE, DAN KONSTRUKSI BANGUNAN DI BEI TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Rangga Yudhisna 125070678 JA.pdf

Download (66kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perusahaan- perusahaan sektor properti, real estate, dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia melakukan praktik income smoothing dan mengetahui apakah variabel ukuran perusahaan, profitabilitas (net profit margin dan return on investment), dan solvabilitas (financial leverage) berpengaruh secara signifikan terhadap praktik income smoothing. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan perhitungan indeks Eckel, pengujian univariate dan multivariate secara serentak maupun terpisah dengan bantuan program SPSS for Windows 17.0. Hasil perhitungan dengan menggunakan indeks Eckel menunjukkan bahwa terdapat praktik income smoothing yang dilakukan oleh perusahaan properti, real estate, dan konstruksi bangunan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Berdasarkan hasil pengujian univariate diketahui bahwa tidak terdapat perbedaan variabel ukuran perusahaan, net profit margin, return on investment, dan financial leverage antara perusahaan yang melakukan praktik income smoothing dan tidak. Hasil pengujian multivariate diketahui bahwa semua variabel bebas tidak berpengaruh terhadap praktik income smoothing. Penelitian selanjutnya disarankan untuk menggunakan metode lain, variabel bebas lain yang diperkirakan mempengaruhi praktik income smoothing, serta periode penelitian yang lebih panjang untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:42
Last Modified: 23 Aug 2023 08:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41524

Actions (login required)

View Item View Item