STUDI PUSTAKA DAN ANALISIS KESIAPAN PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE MENGHADAPI KONVERGENSI IFRS YANG DIADOPSI DALAM ED PSAK 62 : KONTRAK ASURANSI DAN ED PSAK 36 REVISI 2010 : AKUNTANSI ASURANSI JIWA

Dosen, Renny (2011) STUDI PUSTAKA DAN ANALISIS KESIAPAN PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE MENGHADAPI KONVERGENSI IFRS YANG DIADOPSI DALAM ED PSAK 62 : KONTRAK ASURANSI DAN ED PSAK 36 REVISI 2010 : AKUNTANSI ASURANSI JIWA. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Renny Dosen 125070084 JA.pdf

Download (58kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melakukan studi pustaka dan analisis kesiapan perusahaan di Indonesia dalam menghadapi konvergensi IFRS khususnya perusahaan asuransi jiwa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif melalui studi kasus pada PT. Prudential Life Assurance dengan menggunakan metode studi pustaka dan wawancara dimana studi pustaka dilakukan dengan memaparkan isi dari ED PSAK 62 dan menjelaskan perbedaan dan persamaan dari PSAK 36 (revisi 2007) dengan ED PSAK 36 (revisi 2010). Sedangkan wawancara dilakukan kepada pihak PT. Prudential Life Assurance, profesi akuntan dan pengajar. Hasil dari wawancara adalah PT. Prudential Life Assurance belum siap dalam menghadapi konvergensi IFRS. Mengingat hambatan yang dihadapi dari segi kurangnya pemahaman mengenai standar akuntansi keuangan yang mengadopsi IFRS, SDM yang tidak memadai, biaya yang dibutuhkan tidak sedikit, sistem software akuntansi yang belum canggih, data yang dibutuhkan untuk membentuk suatu laporan keuangan berbasis IFRS sulit dikumpulkan. Untuk mengatasi hambatan-hambatan diatas PT Prudential Life Assurance telah melakukan beberapa cara yaitu, melakukan persiapan dalam memahami standar akuntansi keuangan berbasis IFRS, mempersiapkan SDM yang memiliki IFRS capability, mempersiapkan dana cadangan, mengembangkan sistem akuntansi SAP yang lebih baik, membantu mensosialisasikan standar akuntansi baru yang berlaku umum. Selain solusi diatas peneliti juga menyarankan agar PT. Prudential Life Assurance maupun perusahaan lain turut serta mengikuti seminar atau pelatihan mengenai konvergensi IFRS dan penerapannya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2023 08:46
Last Modified: 23 Aug 2023 08:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41526

Actions (login required)

View Item View Item