PENGARUH UKURAN KAP, OPINI AUDIT, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2009)

Christina, Sanny (2011) PENGARUH UKURAN KAP, OPINI AUDIT, DAN UKURAN PERUSAHAAN TERHADAP AUDIT DELAY (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BEI TAHUN 2008-2009). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sanny Christina 125070256 JA.pdf

Download (71kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetetahui dan memperoleh bukti empiris mengenai ada tidaknya pengaruh antara ukuran KAP, opini audit, dan ukuran perusahaan terhadap audit delay secara parsial maupun simultan. Penelitian dilakukan terhadap 100 perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada periode 2008-2009, serta memenuhi kriteria-kriteria tertentu yang telah ditetapkan. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diolah dengan SPSS for Windows 17.0. Metode statistik yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah model regresi linier berganda. Oleh karenanya, sebelum melakukan pengujian hipotesis, dilakukan sejumlah pengujian asumsi klasik. Dengan tingkat keyakinan 95%, hasil penelitian menunjukkan bahwa opini audit berpengaruh terhadap audit delay, ukuran KAP dan ukuran perusahaan tidak berpengaruh terhadapa audit delay. Ukuran KAP, opini audit, dan ukuran perusahaan secara bersama-sama berpengaruh terhadap audit delay. Hendaknya penelitian selanjutnya memperluas lingkup penelitian, menggunakan periode pengamatanyang lebih panjang, menyertakan faktor-faktor lainnyayang mempengaruhi audit delay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 23 Aug 2023 09:19
Last Modified: 23 Aug 2023 09:19
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41537

Actions (login required)

View Item View Item