PENGARUH SARANA PRASARANA, PELAYANAN, PERILAKU, DAN EMPATI APARAT PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA GROGOL PETAMBURAN UNTUK TAHUN 2010

Astridya, Sisi (2011) PENGARUH SARANA PRASARANA, PELAYANAN, PERILAKU, DAN EMPATI APARAT PAJAK TERHADAP KEPATUHAN WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI PADA KANTOR PELAYANAN PAJAK PRATAMA GROGOL PETAMBURAN UNTUK TAHUN 2010. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sisi Astridya 125070649 JA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh sarana dan prasarana KPP, perilaku aparat pajak, tanggapan aparat pajak, dan empati aparat pajak terhadap kepatuhan Wajib Pajak (WP), serta hubungan masing-masing variabel independen. Pajak merupakan sumber utama pendapatan Negara dan juga sebagai variabel yang digunakan untuk mengatur jalannya perekonomian, sehingga sangat penting untuk mengetahui faktor-faktor yang dapat mendorong WP patuh dalam membayar pajak. Dengan tersedianya pelayanan yang baik diharapkan dapat mendorong kesadaran WP dalam memenuhi kewajiban perpajakannya, sedangakan secara realitas terdapat kecenderungan bahwa pelayanan yang diterima masyarakat jauh dari yang diharapkan. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Penelitian lapangan dilakukan dengan menyebarkan kuesioner kepada WP Orang Pribadi (OP) pada Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Grogol Petamburan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kepatuhan WP ternyata tidak dipengaruhi oleh variabel sarana prasarana, perilaku, tanggapan, serta empati aparat pajak. Berdasarkan hal tersebut disarankan untuk menambahkan variabel lain yang dapat mempengaruhi kepatuhan WP dalam penelitian berikutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:29
Last Modified: 24 Aug 2023 03:29
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41547

Actions (login required)

View Item View Item