ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009

Sonna, Sonna (2011) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY: STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sonna 125070673 JA.pdf

Download (76kB)

Abstract

Laporan keuangan perusahaan yang go public akan selalu dinantikan oleh para investor, baik investor jangka pendek maupun jangka panjang. Laporan keuangan ini akan digunakan sebagai dasar untuk prediksi dan pengambilan keputusan dalam berinvestasi. Hal ini akan memicu auditor untuk bekerja secara lebih profesional. Salah satu kriteria profesionalisme dari auditor adalah ketepatan waktu penyampaian laporan auditnya. Perbedaan waktu antara tanggal laporan keuangan dengan tanggal opini audit dalam laporan keuangan mengindikasikan tentang lamanya waktu penyelesaian audit yang dilakukan oleh auditor atau sering disebut dengan audit delay. Penelitian ini dilakukan pada 200 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2007 - 2009. Untuk membuktikan hipotesis, dilakukan pengujian regresi berganda yang diawali uji asumsi klasik. Model regresi dinyatakan lolos uji asumsi klasik. Kemudian pengujian secara simultan menyimpulkan bahwa semua variabel dependen secara bersama-sama mempengaruhi variabel terikat. Pengujian secara parsial memperlihatkan hasil bahwa ada 4 dari 7 faktor yang berpengaruh terhadap audit delay, yakni faktor profitabilitas, solvabilitas, pengumuman laba rugi dan opini audit.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:31
Last Modified: 24 Aug 2023 03:31
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41548

Actions (login required)

View Item View Item