FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007 - 2009

Sriwati, Sriwati (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERUSAHAAN MELAKUKAN PERGANTIAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007 - 2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Sriwati 125070233 JA.pdf

Download (64kB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi perusahaan melakukan pergantian kantor akuntan publik pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Variabel yang diteliti dalam penelitian ini adalah opini going concern, pergantian manajemen, reputasi auditor, dan kesulitan keuangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan SPSS 17. Secara simultan hasil penelitian menunjukkan bahwa opini going concern, pergantian manajemen, reputasi auditor, dan kesulitan keuangan tidak berpengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik. Hasil penelitian secara parsial menunjukkan bahwa reputasi auditor berpengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik. Ketiga variabel lainnya, yaitu opini going concern, pergantian manajemen, dan kesulitan keuangan tidak berpengaruh terhadap pergantian kantor akuntan publik. Dengan demikian, kantor akuntan publik diharapkan dapat meningkatkan kinerjanya karena hal tersebut merupakan pertimbangan bagi perusahaan untuk melakukan pergantian kantor akuntan publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:32
Last Modified: 24 Aug 2023 03:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41549

Actions (login required)

View Item View Item