ANALISIS MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2007-2009

Lorranine, Steffi (2011) ANALISIS MEKANISME CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP MANAJEMEN LABA DAN NILAI PERUSAHAAN PADA PERUSAHAAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PADA TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Steffi Lorranine 125070562 JA.pdf

Download (32kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis mekanisme corporate governance yang mempengaruhi manajemen laba dan nilai perusahaan. Variabel manajemen laba dan nilai perusahaan digunakan sebagai variabel Y (dependent variable) dan variabel yang digunakan sebagai variabel X (independent variable) adalah kepemilikan institusional, kepemilikan manajerial, dan komisaris independen. Penelitian ini menggunakan data dari perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2007-2009. Pengujian hipotesis menggunakan teknik analisis regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mekanisme corporate governance yang diproksi dengan kepemilikan institusional dan kepemilikan manajerial tidak berpengaruh terhadap manajemen laba, sedangkan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap manajemen laba. Kepemilikan institusional dan komisaris independen tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan, sedangkan kepemilikan manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:35
Last Modified: 24 Aug 2023 03:35
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41551

Actions (login required)

View Item View Item