FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2009

Illona, Stephanie (2011) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI AUDIT DELAY PADA PERUSAHAAN MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2007-2009. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Stephanie 125060320 JA.pdf

Download (46kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah mengetahui pengaruh ukuran KAP, jenis opini auditor, ukuran perusahaan, rasio profitabilitas, dan solvabilitas terhadap audit delay. Audit delay adalah lamanya waktu yang terhitung sejak tanggal berakhirnya periode laporan keuangan sampai dengan tanggal laporan auditor. Penelitian kepustakaan dan observasi telah dilakukan untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Pengujian hipotesis dilakukan dengan uji koefisien (R), adjusted R Square, uji nilai F, dan uji nilai t. Sebelum melakukan pengujian hipotesis dilakukan uji asumsi klasik, yaitu uji normalitas Kolmogorov-Smirnov Test , uji autokorelasi Durbin Watson, uji heterokedastisitas Spearman’s rho, dan uji multikorelasi. Uji F digunakan untuk menguuji kelayakan regresi. Model regresi yang digunakan telah memenuhi syarat asumsi klasik dan uji F. Hasil uji koefisien (R) dengan nilai 0.252 menunjukan hubungan antara variabel ukuran KAP, jenis opini auditor, ukuran perusahaan, rasio profitabilitas, dan solvabilitas terhadap variabel audit delay adalah lemah dan positif. Sedangkan Adjusted R Square sebesar 0,037 menunjukan bahwa sebesar 3,7% dari variasi variabel audit delay dapat dijelaskan oleh variabel independen yang digunakan dalam penelitian ini, dan sisanya 96,3% dijelaskan oleh variabel independen lain yang tidak dipakai dalam penelitian ini. Uji t menunjukan bahwa ukuran KAP dan solvabilitas berpengaruh terhadap audit delay. Sedangkan variabel lain seperti opini auditor, ukuran perusahaan, rasio profitabilitas tidak berpengaruh terhadap audit delay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 03:45
Last Modified: 24 Aug 2023 03:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41554

Actions (login required)

View Item View Item