PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI

Andre, Andre (2023) PENGARUH PENGHINDARAN PAJAK, UKURAN DEWAN KOMISARIS, DAN LEVERAGE TERHADAP NILAI PERUSAHAAN DENGAN PROFITABILITY SEBAGAI VARIABEL MODERASI. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Andre 127212013 JA.pdf

Download (1MB)

Abstract

Salah satu cara untuk menarik investor adalah dengan melihat bagaimana kinerja suatu perusahaan dapat dinilai dengan baik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris tentang pengaruh penghindaran pajak, dewan komisaris, dan leverage terhadap nilai perusahaan dengan profitabilitas yang berperan memoderasi hubungan antara variabel independen dan variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data kuantitatif dari data laporan keuangan yang terdaftar di BEI tahun 2018 – 2021 dengan sampel sebanyak 124 orang yang digunakan menggunakan metode purposive sampling. Hipotesis diuji dengan analisis regresi data panel. Pengujian yang dilakukan menemukan bahwa penghindaran pajak dan dewan komisaris berpengaruh signifikan terhadap nilai perusahaan, leverage tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Hasil uji interaksi menunjukkan bahwa profitabilitas tidak dapat memoderasi antara variabel penghindaran pajak dan leverage terhadap nilai perusahaan, tetapi profitabilitas dapat memoderasi dewan komisaris terhadap nilai perusahaan dengan hasil nilai Adjusted R2 diperoleh hasil sebesar 22,63%, dimana masih sebesar 77,37. % lebih variabel yang dapat mempengaruhi variabel dependen, antara lain: Nilai Perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:38
Last Modified: 24 Aug 2023 07:38
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41585

Actions (login required)

View Item View Item