PENGARUH SALES GROWTH, LIQUIDITY, FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021.

Bobby, Bobby (2023) PENGARUH SALES GROWTH, LIQUIDITY, FIRM SIZE TERHADAP FINANCIAL DISTRESS YANG DIMODERASI OLEH GOOD CORPORATE GOVERNANCE PADA PERUSAHAAN SEKTOR INDUSTRI MANUFAKTUR YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA TAHUN 2017-2021. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Bobby 127212009 JA.pdf

Download (361kB)

Abstract

Financial Distress merupakan suatu proses melandainya keuangan yang dirasakan oleh suatu entitas sebelum terjadi kebangkrutan. Terdapat dua teori yang melandasi kerangka konseptual pada penelitian ini, yakni agency theory dan signaling theory. Pada penelitian memiliki tujuan untuk mendapatkan petunjuk empiris mengenai pengaruh sales growth, liquidity, firm size terhadap financial distress yang di moderasi oleh good corporate governance pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada tahun 2017 - 2021. Penelitian ini menggunakan 63 sampel perusahaan manufaktur yang terpilih berdasarkan metode purposive sampling. Data yang digunakan merupakan data sekunder yakni laporan keuangan. Metode statistik yang digunakan untuk melakukan pengujian hipotesis yakni model analisis regresi data panel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sales growth mempunyai pengaruh positif dan tidak signifikan, liquidity mempunyai pengaruh positif dan signifikan, firm size mempunyai pengaruh negatif dan signifikan, sedangkan good corporate governance tidak mampu memoderasi pengaruh sales growth, namun berhasil memoderasi pengaruh liquidity dan firm size terhadap financial distress.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:40
Last Modified: 24 Aug 2023 07:40
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41586

Actions (login required)

View Item View Item