Pengaruh Kepemilikan Managerial dan Arus Kas Bebas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi

Perwira, Hendrik (2023) Pengaruh Kepemilikan Managerial dan Arus Kas Bebas Terhadap Nilai Perusahaan Dengan Kebijakan Dividen Sebagai Variabel Moderasi. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Hendrik Perwira 127211003 JA.pdf

Download (867kB)

Abstract

Adanya delegasi wewenang dari pemegang saham selaku principal kepada manajemen selaku agent menyebabkan munculnya agency conflict antara pemegang saham dengan manajer. Agency conflict perlu untuk diminimalisir dengan berbagai cara yang ada sehingga tujuan perusahaan dalam memaksimalkan nilai perusahaan dapat tercapai. Penelitian ini bertujuan untuk menguji secara empiris mengenai pengaruh kepemilikan manajerial dan arus kas bebas terhadap nilai perusahaan dengan kebijakan dividen sebagai variabel moderasi. Penelitian ini menggunakan regresi data panel terhadap 55 perusahaan yang terdaftar pada Bursa Efek Indonesia dan IDX80 pada periode 2019-2021. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah nilai perusahaan. Variabel independen dalam penelitian ini adalah kepemilikan manajerial dan arus kas bebas. Variabel moderasi dalam penelitian ini adalah kebijakan dividen. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Kepemilikan Manajerial berpengaruh positif terhadap nilai perusahaan. Lebih lanjut, Arus Kas Bebas tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. Kebijakan dividen tidak memperkuat pengaruh dari kepemilikan manajerial dan arus kas bebas terhadap nilai perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:55
Last Modified: 24 Aug 2023 07:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41592

Actions (login required)

View Item View Item