Pengaruh Profitabilitas, Growth, Size, dan HPM (Harga Patokan Mineral) terhadap Net Profit Margin Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia)

Herman, Herman (2023) Pengaruh Profitabilitas, Growth, Size, dan HPM (Harga Patokan Mineral) terhadap Net Profit Margin Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di BEI (Bursa Efek Indonesia). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Herman 127212001 JA.pdf

Download (306kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh profitabilitas melalui rasio ROA (Return on Assets) dan ROE (Return on Equity), pertumbuhan perusahaan, ukuran perusahaan dan HPM (Mineral Benchmark Price) terhadap Net Profit Margin pada perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kuantitatif dan subjek dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan sektor pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2020-2022. Data yang digunakan adalah data sekunder dan diperoleh melalui situs resmi Bursa Efek Indonesia (BEI) berupa laporan keuangan tahunan. Pemilihan sampel menggunakan metode purposive sampling. Pengujian data dalam penelitian ini menggunakan Statistical Package for the Science 25 (SPSS 25). Terdapat 66 sampel yang dipilih dengan menggunakan metode purposive sampling, sehingga kriteria dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: kriteria pemilihan sampel dan untuk perusahaan yang telah terdaftar sejak tahun 2010 dan memiliki data laporan keuangan yang lengkap dari tahun 2020-2022. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: Profitabilitas (ROA) berpengaruh positif dan signifikan terhadap NPM perusahaan, Profitabilitas (ROE) berpengaruh negatif dan signifikan terhadap NPM perusahaan, dan HPM berpengaruh positif dan signifikan terhadap NPM perusahaan. Sedangkan growth dan size tidak berpengaruh signifikan terhadap NPM perusahaan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 24 Aug 2023 07:57
Last Modified: 24 Aug 2023 07:57
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41593

Actions (login required)

View Item View Item