PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN INTENSITAS ASET TETAP TERHADAP TAX AVOIDANCE YANG DIMODERASI OLEH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL

Suteja, Stefanie Martchellia (2023) PENGARUH PERTUMBUHAN PENJUALAN DAN INTENSITAS ASET TETAP TERHADAP TAX AVOIDANCE YANG DIMODERASI OLEH KEPEMILIKAN INSTITUSIONAL. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Stefanie Martchellia Suteja 127212010 JA.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini disusun dengan tujuan untuk memahami pengaruh pertumbuhan penjualan dan intensitas aset tetap terhadap tax avoidance yang dimoderasi oleh kepemilikan institusional. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah perusahaan manufaktur yang terdaftar pada BEI pada tahun 2018 hingga 2020. Atas populasi tersebut kemudian dilakukan pemilihan sampel dengan metode purposive sampling dengan hasil 45 sampel dan jumlah observasi menjadi 135 observasi sebagai objek dari penelitian. Penelitian merupakan bentuk penelitian regresi berganda yang menggunakan software Eviews 12 version dalam proses olah data. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa pertumbuhan penjualan tidak berpengaruh signifikan terhadap tax avoidance sedangkan intensitas aset tetap memiliki pengaruh positif signifikan terhadap tax avoidance. Peranan variabel moderasi kepemilikan institusional ternyata tidak mampu memperlemah pengaruh yang dimiliki oleh kedua variabel independen pertumbuhan penjualan dan intensitas aset tetap terhadap tax avoidance.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2023 02:43
Last Modified: 25 Aug 2023 02:43
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41603

Actions (login required)

View Item View Item