ANALISIS MODEL KEBANGKRUTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP AUDITOR DALAM MENGKATEGORIKAN PERUSAHAAN NON GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013)

Asabela, Nona Elisabet (2014) ANALISIS MODEL KEBANGKRUTAN DAN PENGARUHNYA TERHADAP AUDITOR DALAM MENGKATEGORIKAN PERUSAHAAN NON GOING CONCERN (STUDI EMPIRIS PADA PERUSAHAAN SEKTOR PERTANIAN YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA PERIODE 2009-2013). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Nona Elisabet Asabela 125080533 JA.pdf

Download (638kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kondisi keuangan perusahaan yang dihitung dengan menggunakan model kebangkrutan Altman, Springate, dan Zmijewski terhadap auditor dalam mengkategorikan perusahaan non going concern. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik purposive sampling, data yang diambil adalah laporan keuangan perusahaan sektor pertanian yang terdaftar di BEI selama periode 2009-2013 sehingga di peroleh jumlah sampel sebanyak 55 sampel penelitian. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan regresi logistik, berdasarkan hasil yang didapat, dapat diketahui kalau kondisi keuangan yang dihitung dengan menggunakan model Zmijewski memiliki pengaruh terhadap auditor dalam mengkategorikan perusahaan non going concern, sedangkan kondisi keuangan yang dihitung dengan menggunakan model Altman dan Springate tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap auditor dalam mengkategorikan perusahaan non going concern.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 25 Aug 2023 09:07
Last Modified: 25 Aug 2023 09:07
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41649

Actions (login required)

View Item View Item