PENGARUH IKATAN SOSIAL MASYARAKAT, MORALITAS INDIVIDU DAN PERTIMBANGAN RASIONALITAS TERHADAP PENDETEKSIAN FRAUD (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat)

Lienardy, Ferin Suryanthi (2014) PENGARUH IKATAN SOSIAL MASYARAKAT, MORALITAS INDIVIDU DAN PERTIMBANGAN RASIONALITAS TERHADAP PENDETEKSIAN FRAUD (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Ferin 125090575 JA.pdf

Download (339kB)

Abstract

(E) Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik pengaruhikatan sosial masyarakat, moralitas individu, dan pertimbangan rasionalitas terhadap pendeteksian fraud. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Born Criminal Theory - Cesare Lombroso; Grand Theory:Cognitive Development Theory–Jean Piaget, Concentric Zone Theory-Park dan Burgess; Middle Range Theory:Body Types Theory-William Sheldon, Psychoanalysis Theory-Sigmun Freud, Big Five Personality Theory-Costa dan McRae; dan Application Theory: Ikatan sosial masyarakat: Hirschi, Lemert, Merton, Sutherland; Moralitas individu: Kohlberg, Robbins, Kant; Pertimbangan rasionalitas: Simon, Maslow, Weber, Bentham. Unit penelitian ini adalah 60 responden pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji realibilitas, uji validitas dan transformasi data ordinal ke interval menunjukkan hasil: (a) ikatan sosial masyarakat, moralitas individu, dan pertimbangan rasionalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendeteksian fraud, dan (b) ikatan sosial masyarakat, moralitas individu, dan pertimbangan rasionalitas terhadap pendeteksian fraudsecara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar nilai adjusted R square 0.644 atau 64.4% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0.356 atau 35.6%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian: (a) untuk auditor diperlukan pengalaman dan tanggung jawab untuk mendeteksi fraud di lingkungan entitas (b) bagi pengembangan ilmu diperlukan penelitian lanjutan di luar model seperti: psikonalitik dan tipe tubuh.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:15
Last Modified: 28 Aug 2023 04:15
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41688

Actions (login required)

View Item View Item