PENGARUH PERTIMBANGAN INDIVIDU, FUNGSI MASYARAKAT, DAN PERANAN KONTROL SOSIAL TERHADAP DAMPAK FRAUD DALAM KEHIDUPAN SOSIAL (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat)

Melvina, Melvina (2013) PENGARUH PERTIMBANGAN INDIVIDU, FUNGSI MASYARAKAT, DAN PERANAN KONTROL SOSIAL TERHADAP DAMPAK FRAUD DALAM KEHIDUPAN SOSIAL (Studi Empirik Pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Melvina 125092002 JA.pdf

Download (716kB)

Abstract

(E) Penelitian ini bertujuan memperoleh bukti empirik pertimbangan individu, fungsi masyarakat dan peranan kontrol sosial terhadap dampak fraud dalam kehidupan sosial. Untuk menguji fakta empirik tersebut diperlukan susunan logika dengan Background Theory: Born Criminal Theory - Cesare Lombroso; Grand Theory: Cognitive Development Theory–Jean Piaget, Moral Development Theory-Lawrence Kohlberg, Psychoanalysis Theory-Sigmund Freud; Middle Range Theory: Zone Ecology Theory-Park and Burgess, Body Types Theory-William Sheldon, Teori Kepribadian dan Kepintaran-Eysenck, Theory of Differenciation Association-Edwin H.Sutherland, Labelling Theory- Howard S.Becker, Teori Lingkungan-Wilson and Herrnstein; dan Application Theory: Pertimbangan Individu: Robbins, McClelland, Adler, Lombroso; Fungsi Masyarakat: Parsons, Becker, Durkheim, Comte; Peranan Kontrol Sosial: Berger, Foucault, Hirschi. Unit penelitian ini adalah 60 responden pada Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat. Metode alat analisis menggunakan path analysis atau gabungan antara korelasi dan regresi untuk mengetahui pengaruh secara parsial dan simultan. Hasil penelitian setelah dilakukan uji realibilitas, uji validitas dan transformasi data ordinal ke interval menunjukkan hasil: (a) pertimbangan individu, fungsi masyarakat dan peranan kontrol sosial secara parsial menghasilkan pengaruh positif dan signifikan terhadap dampak fraud, dan (b) pertimbangan individu, fungsi masyarakat dan peranan kontrol sosial secara simultan berpengaruh positif dan signifikan sebesar nilai adjusted R square 0.623 atau 62.3% dan sisanya merupakan faktor lain di luar model sebesar 0.377 atau 37.7%. Hasil penelitian ini mempunyai konsistensi dengan kerangka pemikiran, tinjauan pustaka, dan penelitian terdahulu. Adapun saran untuk penelitian: (a) Bagi Kantor Akuntan Publik dapat memperkirakan besarnya dampak yang ditimbulkan akibat fraud dengan memiliki kompetensi yang memadai (b) Penelitian ini belum mengungkapkan seluruh faktor-faktor yang dapat mempengaruhi dampak fraud seperti kesempatan, tekanan dan rasionalisasi. Responden pada penelitian selanjutnya hendaknya diperluas lagi, tidak hanya dari lingkup Kantor Akuntan Publik di Jakarta Barat tetapi Kantor Akuntan Publik di seluruh Jakarta.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:39
Last Modified: 28 Aug 2023 04:39
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41699

Actions (login required)

View Item View Item