PENGARUH GROWTH, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SIZE, MATURITY, LEVERAGE, SERTA REPUTASI AUDITOR DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DAN NON PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA AGEN PEMERINGKAT OBLIGASI PT PEFINDO PERIODE 2008-2012

Gunawan, Muchtar (2013) PENGARUH GROWTH, PROFITABILITAS, LIKUIDITAS, SIZE, MATURITY, LEVERAGE, SERTA REPUTASI AUDITOR DALAM MEMPREDIKSI PERINGKAT OBLIGASI PADA PERUSAHAAN PERBANKAN DAN NON PERBANKAN YANG TERDAFTAR PADA AGEN PEMERINGKAT OBLIGASI PT PEFINDO PERIODE 2008-2012. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Muchtar Gunawan 125090138 JA.pdf

Download (551kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan bukti empiris mengenai pengaruh growth, profitabilitas, likuiditas, size, maturity, leverage serta reputasi auditor dalam memprediksi peringkat obligasi pada perusahaan perbankan dan non perbankan yang terdaftar pada agen pemeringkat obligasi PT Pefindo. 255 sampel terpilih melalui teknik purposive sampling dan menggunakan multiple regression analysis untuk melakukan analisis. Penelitian ini menggunakan data sekunder berupa laporan keuangan dan laporan tahunan dari perusahaan perbankan dan non perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia selama tahun 2008-2012, serta terdaftar pula di PT Pefindo periode 2008-2012. Variabel dependen dalam penelitian ini adalah peringkat obligasi, sedangkan variabel independen meliputi pertumbuhan perusahaan (growth), profitabilitas, likuiditas, ukuran perusahaan (size), umur obligasi (maturity), leverage dan reputasi auditor. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa komposisi pertumbuhan perusahaan, profitabilitas, likuiditas dan reputasi auditor mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peringkat obligasi sedangkan ukuran perusahaan (size), umur obligasi (maturity), dan leverage tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap peringkat obligasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 04:45
Last Modified: 28 Aug 2023 04:45
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41702

Actions (login required)

View Item View Item