PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY ( Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012)

Yulia, Stefanie (2013) PENGARUH UKURAN PERUSAHAAN, UKURAN KANTOR AKUNTAN PUBLIK, DAN RASIO PROFITABILITAS TERHADAP AUDIT DELAY ( Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Tahun 2010-2012). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Stefanie Yulia 125090467 JA.pdf

Download (489kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara ukuran perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan rasio profitabilitas terhadap audit delay pada perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2010-2012. Penelitian kepustakaan dan lapangan telah dilakukan untuk mengetahui apakah ukuran perusahaan, ukuran kantor akuntan publik, dan rasio profitabilitas berpengaruh secara signifikan terhadap audit delay. Penelitian ini dilakukan dengan mengambil data sekunder berupa laporan keuangan perusahaan manufaktur yang terdapat di BEI tahun 2010-2012 yang diperoleh melalui Pusat Informasi Pasar Modal (PIPM) Fakultas Ekonomi Universitas Tarumanagara dan situs www.idx.co.id. Laporan keuangan tersebut digunakan untuk mengolah data mengenai variabel yang akan diteliti dan diuji pada penelitian ini. Dari ketiga variabel yang digunakan dalam penelitian ini, diperoleh hasil bahwa hanya satu variabel yang memiliki pengaruh signifikan terhadap audit delay, yaitu ukuran kantor akuntan publik. Sedangkan variabel lainnya yaitu ukuran perusahaan dan rasio profitabilitas tidak memiliki pengaruh yang signifikan terhadap audit delay.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Ekonomi
Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi
Depositing User: FE Perpus
Date Deposited: 28 Aug 2023 06:13
Last Modified: 28 Aug 2023 06:13
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41713

Actions (login required)

View Item View Item