Ernst, Patrick (2023) Perancangan interior museum zoologi Bogor (DI - 2461). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
Text
615190059_PATRICK_Cover.pdf Download (90kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_Pengesahan.pdf Download (2kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_Daftar Isi.pdf Download (186kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (141kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (775kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (133kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (757kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (641kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (431kB) |
|
Text
615190059_PATRICK_Daftar Pustaka.pdf Download (114kB) |
Abstract
Indonesia merupakan negara yang memiliki keanekaragaman flora dan fauna yang sangat banyak dari berbagai pulau dan provinsi. Indonesia memiliki 8.000 spesies jenis tumbuhan dan 2.215 hewan yang telah diidentifikasi. Namun, masih banyak populasi masyarakat yang masih minim pengetahuan tentang flora dan fauna di Indonesia. Maka, perlu disediakan fasilitas untuk contoh- contoh dari flora dan fauna agar dapat dijadikan sumber ilmu pengetahuan agar masyarakat Indonesia lebih mengetahui jenis dari flora dan fauna tersebut. Museum Zoologi merupakan salah satu sarana dimana masyarakat dapat mengenal fauna di Indonesia. Namun mengingat Museum Zoologi sudah dibangun sejak 1894, maka kesan dari bangunan serta isinya sudah terlihat tua sehingga pengunjung kurang tertarik untuk berkunjung. Perancangan interior museum Zoologi bogor ini bertujuan untuk menghasilkan rancangan desain yang mampu menciptakan citra sebuah museum fauna, dan juga mampu memberikan gambaran sebenarnya kehidupan setiap hewan pada habitat aslinya, sehingga pengunjung mampu merasakan ambience seperti sedang berdampingan dengan hewan yang ada di dalam museum Zoologi Bogor. Metode desain yang digunakan Rosemary Kilmer (Kilmer, 2014) yang terdiri dari dua tahap, yaitu tahap analisis dan tahap sintesis. Tema yang di angkat dalam perancangan ini adalah “ A Reflection of Animals World” dengan menggunakan konsep modern dan nuansa alam yang digabungkan dengan pemanfaatan teknologi di setiap areanya guna membangun konsep yang diharapkan. Kata Kunci: Museum, Teknologi, alam, fauna
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Seni Rupa dan Desain |
Divisions: | Fakultas Seni Rupa dan Desain > Desain Interior |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 14 Sep 2023 04:05 |
Last Modified: | 07 Dec 2023 07:06 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41783 |
Actions (login required)
View Item |