Tanggung Jawab Perbuatan Melawan Hukum Oleh Karyawan PT.Davi Etania Abadi (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat No.598/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Brt)

Chrysander, Dave (2023) Tanggung Jawab Perbuatan Melawan Hukum Oleh Karyawan PT.Davi Etania Abadi (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Barat No.598/Pdt.G/2020/PN.Jkt.Brt). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Dave Chrysander_205190167.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bab isi_Dave Chrysander_205190167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (958kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Dave Chrysander_205190167.pdf

Download (451kB)
[img] Text
Lampiran_Dave Chrysander_205190167.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Suatu perbuatan dapat dikatakan menjadi perbuatan melawan hukum atau dalam bahasa inggris tort, apabila memenuhi unsur, adanya perbuatan, kemudian perbuatan tersebut melanggar hukum yang berlaku, adanya kerugian yang disebabkan dan adanya hubungan dalam kerugian dengan perbuatan tersebut. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana KUH Perdata merumuskan ganti kerugian atas perbuatan melawan hukum dan bagaimana ganti rugi sebagai pertanggungjawaban atas perbuatan melawan hukum oleh karyawan PT. Davi Etania Abadi. Penulis dalam penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan mengkaji literatur melalui undang-undang yang berlaku dan kasus yang relevan dengan penelitian penulis. Berdasarkan data hasil penelitian dan teori yang penulis gunakan sebagai inti dari penelitian ini, hasil penelitian yang diteliti oleh penulis, merupakan perbuatan melawan hukum yang dilakukan oleh Terdakwa dengan menggelapkan uang perusahaan. Pertimbangan Majelis Hakim dalam memberikan Putusan Perkara Nomor: 598/Pdt.G/2020/PNJkt.Brt. adalah dengan terlebih dahulu mengemukakan fakta-fakta yang dapat diperoleh dari audit internal dar perusahaan dan saksi-saksi yang diajukan Penggugat, yang dapat dibuktikan bahwa benar penggugat dan tergugat telah melakukan penggelapan uang perusahaan dan mengakibatkan kerugian bagi penggugat, dalam hal ini perkara tersebut Majelis Hakim menilai bahwa tergugat telah melakukan perbuatan melawan hukum.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Perbuatan Melawan Hukum, Ganti Rugi, Kewajiban
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 18 Sep 2023 07:58
Last Modified: 18 Sep 2023 07:58
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41831

Actions (login required)

View Item View Item