Penerapan metode k-means clustering untuk menentukan pola penjualan kue pada Alfaza Bakery

Hendriyanto, Riki Yohanes (2023) Penerapan metode k-means clustering untuk menentukan pola penjualan kue pada Alfaza Bakery. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
535170079_RIKI_Cover.pdf

Download (509kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Pengesahan.pdf

Download (338kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Daftar Isi.pdf

Download (697kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (792kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
535170079_RIKI_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (863kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (796kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (785kB)
[img] Text
535170079_RIKI_Daftar Pustaka.pdf

Download (454kB)

Abstract

Industri rumah tangga merupakan salah satu jenis kegiatan usaha kecil yang banyak dijumpai di sekitar perumahan, baik di perkotaan maupun di pedesaan. Berawal dari perkumpulan yang menekuni bidang pembuatan kue dan roti, kemudian ingin memperluas wilayah penjualan dan membuka lapangan pekerjaan bagi warga. Kendala yang dihadapi adalah ketidaktahuan produk dan daerah dengan penjualan terbanyak, maka perlu dilakukan analisis data mining dengan menggunakan metode clustering. Metode K-Means merupakan metode pengelompokan data dengan menggunakan pengamatan berdasarkan kesamaan objek yang diteliti. Cluster adalah kumpulan data yang memiliki kesamaan anggotanya atau berbeda dengan kelompok lain, untuk menentukan jumlah cluster yang tepat digunakan metode Elbow. Jumlah cluster yang di hasilkan dari metode elbow 4 cluster, dengan tujuan pengelompokkan data lebih bervariasi dan di tambah perhitungan dengan 2 cluster dan 3 cluster sebagai pembanding. Artibut yang digunakan pada penelitian ini menggunakan data penjualan perbulan pada tahun 2019 dan 2021, hasil dari analisis menunjukkan bahwa penjualan produk dan daerah paling banyak di tiap cluster berbeda-beda, dengan begitu Alfaza Bakery dapat menentukan startegi penjualan kue yang maksimal di kemudian hari. Selanjutnya dilakukan uji akurasi cluster dengan metode Silhouette Coefficient dari 2 sampai dengan 10 cluster, didapatkan bahwa dengan 2 cluster memiliki nilai yang nilai yang baik yaitu 0.7090182390621945. Kata Kunci : Clustering, K-Means, Metode Elbow, Penjualan, Silhouette Coefficient

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknologi Informasi
Divisions: Fakultas Teknologi Informasi > Teknik Informatika
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 19 Sep 2023 06:21
Last Modified: 19 Sep 2023 06:21
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41850

Actions (login required)

View Item View Item