Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) Material Sebagai Dasar Pengajuan Praperadilan Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Yang Diajukan Oleh Pihak Ketiga Yang Berkepentingan Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Keadilan Substantif

Firmansyah, Hery (2020) Surat Perintah Penghentian Penyidikan (SP3) Material Sebagai Dasar Pengajuan Praperadilan Dalam Perkara Tindak Pidana Korupsi Yang Diajukan Oleh Pihak Ketiga Yang Berkepentingan Sebagai Upaya Untuk Mewujudkan Keadilan Substantif. Doctoral thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Hery Firmansyah_208172004_Disertasi.pdf

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai SP3 material sebagai dasar pengajuan praperadilan dalam sebuah perkara tindak pidana korupsi, di mana hal ini diajukan oleh pihak ketiga yang berkepentingan. Langkah ini digunakan sebagai upaya untuk mewujudkan keadilan yang substantif. Terfokus pada asas-asas hukum, penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif dengan menggunakan data sekunder dengan cakupan bahan primer, sekunder dan tersier. Kemudian didukung pula dengan data yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap narasumber yang dipilih. Penelitian ini menyelesaikan permasalahan mengenai mengapa sp3 material dapat diterima untuk diuji dalam sebuah sidang praperadilan dan bagaimana sp3 material mampu memenuhi keadilan yang substantif dari sisi korban terutama dalam tindak pidana korupsi. Nyatanya, partisipasi masyarakat menjadi keniscayaan dalam memberantas korupsi dalam kapasitasnya sebagai pihak ketiga yang berkepentingan dalam pengajuan permohonan peradilan sp3 material. Dari hasil penelitian ini, bisa disimpulkan bahwa hakim dalam memeriksa dan memutus perkara wajib menggali nilai-nilai hukum dan rasa keadilan. Perlindungan korban kejahatan dalam melakukan upaya hukum eksistensinya dirasa sangat penting, mengingat bahwa reaksi korban terhadap putusan pengadilan yang dinilai tidak sesuai dengan rasa keadilan, sedangkan dari dimensi lain ternyata korban sendiri tidak dapaat berbuat sesuatu untuk menguji putusan.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: fh perpus
Date Deposited: 21 Sep 2023 09:42
Last Modified: 21 Sep 2023 09:42
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/41873

Actions (login required)

View Item View Item