Tanggung Jawab Notaris Dalam Pembuatan Akta Pengikatan Jual Beli Yang Cacat dan Tidak Berkekuatan Hukum (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 685/Pdt.G/2020/Pn Mdn)

Situngkir, Fandi Andremon Manahan (2023) Tanggung Jawab Notaris Dalam Pembuatan Akta Pengikatan Jual Beli Yang Cacat dan Tidak Berkekuatan Hukum (Studi Kasus : Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 685/Pdt.G/2020/Pn Mdn). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Fandi Andremon M.Situngkir_217211047.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab isi_Fandi Andremon M.Situngkir_217211047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Fandi Andremon M.Situngkir_217211047.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)

Abstract

Penelitian pada tesis ini mengangkat permasalahan mengenai Akta Pengikatan Jual Beli tanah yang diturunkan kepada ahli waris pembeli namun sertifikat serta akta yang sudah disetujui oleh Notaris ternyata hilang dan beberapa tahun kemudian ada pihak yang mengakui bahwa objek tanah yang dimiliki oleh pembeli tersebut telah berpindah tangan tanpa sepengetahuan pihak pembeli pertama. Kasus tersebut termuat pada Putusan Pengadilan Negeri Medan Nomor 685/Pdt.G/2020/PN Mdn. Penelitian pada tesis ini juga berfokus pada tanggung jawab dan argumentasi para pihak dan juga pertimbangan hakim dalam memutus perkara. Dalam putusan tersebut Majelis Hakim mengabulkan gugatan Penggugat I dan II secara sebagian dan menjatuhkan hukuman kepada Tergugat untuk membayar uang paksa (dwangsom) setelah Putusan ini mempunyai kekuatan hukum tetap. Hal ini dikarenakan Para Tergugat telah mengeluarkan akta dan sertifikat yang cacat dan tidak berkekuatan hukum sehingga dari perbuatan yang Para Tergugat lakukan telah merugikan orang lain serta melanggar hukum yang berlaku.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Gunardi Lie, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: akta pengikatan jual beli, tanggung jawab, kewenangan
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:11
Last Modified: 30 Oct 2023 07:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42118

Actions (login required)

View Item View Item