Analisis Perbuatan Melawan Hukum Terhadap Tindakan Pemalsuan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 782/PDT.G/2020/PN JKT.Sel)

Sonia, Eztha Oke (2023) Analisis Perbuatan Melawan Hukum Terhadap Tindakan Pemalsuan Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB) (Studi Kasus Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Selatan Nomor: 782/PDT.G/2020/PN JKT.Sel). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Eztha Oke Sonia_217211011.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Bab isi_Eztha Oke Sonia_217211011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Eztha Oke Sonia_217211011.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Notaris merupakan pejabat umum (openbare ambtenaren) yang diangkat oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (KEMENKUMHAM) yang memiliki kewenangan untuk membuat akta autentik dengan berpedoman pada peraturan-peraturan yang telah ditetapkan yang menjadi dasar dari pelaksanaan tugas Notaris. Pada kasus perbuatan melawan hukum yang melibatkan Notaris menyebabkan akta-akta notarial yang dibuat untuk transaksi jual beli harus dinyatakan cacat hukum dan batal demi hukum. Adapun dalam hal melakukan pemanggilan Notaris untuk pemberian keterangannya di persidangan diharuskan untuk disampaikan permohonannya kepada Majelis Kehormatan Notaris sebagai lembaga yang berwenang atas persetujuan ataupun penolakan terhadap pemanggilan Notaris. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah penelitian hukum secara normatif, terhadap putusan pengadilan yang menjadi topik penelitian ini akan dilakukan analisis untuk mengetahui keterlibatan Notaris dalam tindak perbuatan melawan hukum dan tanggung jawab Notaris terhadap akta-akta notarial yang diduga dibuat dengan melanggar hukum. Hasil dari penelitian yang telah dilakukan ini, Notaris telah melaksanakan tugasnya berdasarkan peraturan yang berlaku sehingga tidak dapat dimintakan pertanggungjawaban atas kerugian yang timbul.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Prof.Dr. Mella Ismelina, S.H., M.Hum.
Uncontrolled Keywords: Notaris, Akta Otentik, Perbuatan Melawan Hukum, Surat Palsu, Perjanjian Pengikatan Jual Beli (PPJB)
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2023 07:08
Last Modified: 30 Oct 2023 07:08
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42119

Actions (login required)

View Item View Item