Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Saham Minoritas Perusahaan Terbuka Dalam Status Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (Pkpu).

Leonardo, Michael (2023) Perlindungan Hukum Terhadap Pemegang Saham Minoritas Perusahaan Terbuka Dalam Status Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (Pkpu). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Halaman Depan_Michael Leonardo_217212001.pdf

Download (951kB)
[img] Text
Bab isi_Michael Leonardo_217212001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Michael Leonardo_217212001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (556kB)
[img] Text
Lampiran_Michael Leonardo_217212001.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Pasar modal merupakan suatu usaha atau sarana untuk memperdagangkan surat-surat berharga seperti saham, obligasi ataupun efek-efek pada umumnya. Pasar modal menjadi alternatif sumber pembiayaan yang dibutuhkan oleh perusahaan atau para pelaku usaha untuk mendapatkan pembiayaan dari masyarakat dengan tujuan mendapatkan tambahan modal untuk memajukan maksud dan tujuan perusahaan. Seiring dengan perkembangan teknologi sekarang ini, terdapat berbagai kemudahan untuk masyarakat umum melakukan investasi dalam pasar modal di mana jumlah investor menurut data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) telah melebihi 8 (delapan) juta investor. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, setiap tahunnya banyak juga perusahaan yang ingin mendapatkan dana dari masyarakat dengan cara penawaran umum atau Initial Public Offering (IPO). Namun, dengan banyaknya perusahaan-perusahaan yang melakukan penawaran umum, banyak pula juga perusahaan-perusahaan yang diberi notasi khusus oleh Bursa Efek Indonesia (BEI) sehingga banyak perusahaan-perusahaan yang dikenakan penghentian perdagangan. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah yuridis normatif, dengan studi kepustakaan yang menghubungkan teori hukum tertentu dengan putusan Pengadilan Niaga nomor 497/Pdt.Sus-PKPU/2021/PN.NIAGA.JKT.PST. pada perusahaan PT Waskita Beton Precast, Tbk. serta dengan melakukan wawancara terhadap narasumber yang ahli dalam bidang pasar modal untuk menganalisis serta mengetahui dan memberi memberi manfaat untuk masyarakat pada umumnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Dr. Benny Djaja, S.E., S.H., M.M., M.Hum., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Pasar Modal, Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU), Penghentian Perdagangan.
Subjects: Tesis
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 30 Oct 2023 08:47
Last Modified: 30 Oct 2023 08:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42131

Actions (login required)

View Item View Item