Studi mengenai pengaruh perluasan area terhadap penyewa dan pengunjung di pusat perbelanjaan (Studi kasus: Puri Mall, Jakarta)

Saksono, Adrian (2015) Studi mengenai pengaruh perluasan area terhadap penyewa dan pengunjung di pusat perbelanjaan (Studi kasus: Puri Mall, Jakarta). Masters thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
TESIS ADRIAN SAKSONO COVER-347141001-.pdf

Download (67kB)
[img] Text
TESIS ADRIAN SAKSONO ABSTRAK-347141001.pdf

Download (53kB)
[img] Text
TESIS ADRIAN SAKSONO DAFTAR ISI-347141001-.pdf

Download (91kB)

Abstract

Sesuai dengan rencana peruntukan tata kota, kawasan Puri Indah terusberkembang menjadi pusat pertumbuhan bisnis baru alternative di wilayah Jakarta Barat. Kawasan Puri Indah diincar para pengembangan guna dikembangkan sebagai wilayah ekspansi. Proyek-proyek multifungsi tak henti bermunculan, termasukresidential vertical perkantoran komersial. Terlebih lagi, tersambungnya jalur JakartaOuter Ring Road (JORR) W1-W2 yang tersentralisasi di persimpangan Puri Indah semakin mendongkrak minat investor dan pasar pada koridor ini. Perkembangan ini ditanggapi dengan perluasan area dan perubahan konsep serta tema dari Puri Indah Mall. Puri Indah Mall, sebagai mall yang memiliki 3 lantai utama dan 1 lantai basement ini mulai beroperasi sejak 17 Januari 1997 namun tetap menjadi pilihan lokasi berbelanja. Hal ini menjadi sangat menarik untuk dikaji lebih jauh. Bagaimana perluasan area dan perubahan konsep serta tema sebuah pusat perbelanjaan dengan berbagai fasilitas dan fungsi yang tidak hanya sebagai pusat perbelanjaan saja, tetapi dapat juga sebagai tempat untuk melihat-lihat, tempat bersenang-senang, tempat rekreasi, tmpat yang dapat menimbulkan rangsangan yang mendorong orang untuk membeli, tempat bersantai dan bersosialisasi dapat mempengaruhi penyewa dan pengunjung. Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan metodologi campuran, kualitatif dan kuantitatif, dimana penulis mengkategorikan data kualitatif dari variable bebas yang berupa perluasan area dan perubahan konsep serta tema dari pusat perbelanjaan dengan variable terikat dari keputusan penyewa dan pengunjung untuk memilih Puri Indah Mall. Analisis menggunakan korelasi dua variable atau lebih selanjutnya diuji dengan chi-square dimana hipotesisnya: Ho (dugaan tidak ada korelasi/hubungan antara dua variable) dan H1 (dugaan ada korelasi/hubungan antara dua variable), jika probabilitas > 0,05 maka Ho diterima, dan <0,05 maka Ho ditolak. Setelah dilakukan analisis, dapat disimpulkam bahwa perluasan area dan perubahan konsep pusat perbelanjaan secara signifikan mempengaruhi penyewa dan pengunjung di pusat perbelanjaan, khususnya Puri Indah Mall, Jakarta

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: Tesis
Tesis > Pascasarjana
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Perencanaan Wilayah dan Kota
Depositing User: Puskom untar untar
Date Deposited: 13 Jul 2018 06:33
Last Modified: 08 May 2021 10:27
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/4223

Actions (login required)

View Item View Item