AMBARAN KONTAMINASI BAKTERI PADA TELEPON GENGGAM DAN PRAKTIK HIGIENE MAHASISWA DAN MAHASISWI FK UNIVERSITAS X ANGKATAN 2014

Pratama, Ayu Suci and Budiarso, Linda Sulistiani (2017) AMBARAN KONTAMINASI BAKTERI PADA TELEPON GENGGAM DAN PRAKTIK HIGIENE MAHASISWA DAN MAHASISWI FK UNIVERSITAS X ANGKATAN 2014. Fakultas Kedokteran Universitas Tarumanagara. (Unpublished)

[img] Text
PRATIWI, AYU SUCI 405140238 sumary.pdf

Download (231kB)

Abstract

Telepon genggam merupakan alat yang dapat mempermudah komunikasi dalam kehidupan sehari-hari. Ukuran telepon genggam yang kecil, ringan, dan merupakan alat komunikasi menjadi alasan selalu dibawa dan diletakkan di berbagai tempat, kondisi inilah yang memungkinkan adanya kontaminasi dari bakteri. Pada tahun 2016, jumlah telepon genggam di Indonesia melebihi jumlah populasi dan 69,3% penggunanya merupakan generasi muda, termasuk mahasiswa/i berpeluang terinfeksi bakteri dari telepon ganggam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kontaminasi Staphylococcus aureus pada telepon genggam dan praktik higiene mahasiswa/i di Universitas X . Penelitian ini merupakan studi deskriptif dengan desain penelitian cross-sectional. Sebanyak 60 sampel telepon genggam mahasiswa/i diambil dengan metode swab kapas steril yang telah dibasahi dengan NaCl 0,9% steril. Swab kapas steril dioleskan pada layar telepon genggam, kemudian diinokulasi pada media MSA dan diinkubasi. Bakteri yang tumbuh akan nampak koloni warna kuning dengan zona kuning yang menunjukkan adanya Staphylococcus aureus. Hasilnya Staphylococcus aureus pada telepon genggam mahasiswa/i positif 43 orang (71.7%) dan negatif bakteri Staphylococcus aureus 17 orang (28,3%). Kontaminasi bakteri Staphylococcus aureus lebih banyak positif pada telepon genggam mahasiswa 25 orang (58,1%), daripada pada telepon genggam mahasiswi 18 orang (41,9%). Peneliti juga membagikan kuesioner untuk mengetahui praktik higiene mahasiswa seperti mencuci tangan, mencuci wajah, dan membersihkan telepon genggam. Mencuci tangan dengan benar dan menggunakan sabun antiseptik dapat mengurangi risiko terkontaminasi Staphylococcus aureus. Membersihkan layar telepon genggam, dan menjaga kebersihan lingkungan sekitar juga perlu dilakukan.

Item Type: Other
Uncontrolled Keywords: Kontaminasi, telepon genggam, Staphylococcus aureus, mahasiswa/i, praktik higiene
Subjects: Penelitian > Fakultas Kedokteran
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kedokteran
Depositing User: FK Perpus
Date Deposited: 19 Jan 2024 08:55
Last Modified: 19 Jan 2024 08:55
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42355

Actions (login required)

View Item View Item