Perlindungan Terhadap Korban Kejahatan Apartheid Dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Manusia (Studi Kasus Kejahatan Apartheid Yang Dilakukan Israel Terhadap Palestina)

Christina, Amelia (2023) Perlindungan Terhadap Korban Kejahatan Apartheid Dalam Perspektif Hukum Hak Asasi Manusia (Studi Kasus Kejahatan Apartheid Yang Dilakukan Israel Terhadap Palestina). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Amelia Christina_205190079.pdf

Download (671kB)
[img] Text
Bab isi_Amelia Christina_205190079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Amelia Christina_205190079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (603kB)
[img] Text
Lampiran_Amelia Christina_205190079.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

HAM merupakan hak dasar yang sifatnya universal dan dimiliki oleh seluruh manusia sejak ia dilahirkan. Manusia sama-sama berhak atas hak asasi. Berkaitan dengan hal tersebut, nyatanya manusia terkadang memiliki pandangan ideologi atau kepentingan yang berbeda. Perbedaan inilah yang terkadang menyebabkan terjadinya perselisihan dan konflik. Salah satu konflik yang terus berlanjut hingga hari ini adalah Israel dengan Palestina. Berdasarkan laporan dari HRW dan AI, tindakan yang dilakukan oleh Israel merupakan kejahatan terhadap kemanusian yaitu apartheid yang termasuk sebagai pelanggaran HAM berat. Pokok permasalahan yang akan dibahas dalam skripsi ini adalah bagaimanakah ketentuan yang ada di dalam konvensi dapat dikatakan melindungi korban kejahatan apartheid, dan bagaimanakah perlindungan hukum terhadap korban atas kejahatan apartheid yang dilakukan oleh Israel terhadap Palestina menurut hukum hak asasi manusia (HAM). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah normatif dengan pendekatan perundang- undangan dan pendekatan kasus. Skripsi ini menyimpulkan. Skripsi ini menyimpulkan, pertama terdapat dua konvensi yang berkaitan dengan apartheid yaitu Konvensi Apartheid dan International Convention on The Elimination of All Forms of Racial Discrimination yang implementasi nya belum terlaksana dengan baik berdasarkan laporan dari HRW dan AI. Kedua, perlindungan hukum harus didasarkan pada prinsip-prinsip HAM dan bentuk-bentuk perlindungan yang dapat diberikan kepada korban dapat melalui dua konvensi, ARSIWA, dan dapat dilaporkan ke ICC yang dimana nantinya korban juga berhak untuk mendapatkan perlindungan dalam persidangannya. Saran yang dapat diberikan adalah menaati konvensi yang ada, menghapuskan tindakan diskriminasi, dan PBB seharusnya memberikan sanksi kepada Israel.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Ida Kurnia, S.H., M.H.,
Uncontrolled Keywords: Apartheid, HAM, Perlindungan Hukum
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:00
Last Modified: 12 Dec 2023 07:00
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42359

Actions (login required)

View Item View Item