Penerapan Justice Collaborator pada Tindak Pidana Narkotika (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 770/Pid.Sus/2020/PN Jkt. Utr).

Putri N, Anggi Octavelia (2023) Penerapan Justice Collaborator pada Tindak Pidana Narkotika (Studi Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 770/Pid.Sus/2020/PN Jkt. Utr). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Anggi Octavelia Putri N__205180209.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab isi_Anggi Octavelia Putri N__205180209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
Daftar Pustaka_Anggi Octavelia Putri N__205180209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
Lampiran_Anggi Octavelia Putri N__205180209.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Justice Collaborator ialah sebuah istilah pada sistem peradilan pidana di indonesia yang merupakan tersangka atau terpidana yang bekerja untuk aparat penegak hukum. Langkah ini digunakan guna memberantas jaringan kejahatan terorganisasi adalah dengan menggunakan peran bantuan dari pelaku yang terlibat pada kejahatan narkotika yang dilakukannya. Dengan kehadiran Justice Collaborator menjadi sangat penting untuk mengungkap kasus tindak pidana narkotika yang ada di Indonesia. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan Justice Collaborator dalam tindak pidana narkotika dalam studi putusan pengadilan negeri nomor 770/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr. Adapun tujuan penelitan dalam skripsi ini adalah guna mengetahui penerapan Justice Collaborator tindak pidana narkotika pada putusan pengadilan negeri nomor 770/Pid.Sus/2020/PN Jkt. Utr. Manfaat dalam skripsi ini adalah memberikan sumbangsih pemikiran dan masukan dalam bidang ilmu hukum pidana terkhusus dalam bidang Justice Collaborator dan juga menjadi refrensi untuk para akademisi, peneliti, dan para kalangan yang ingin membuat kajian pada bidang ilmu hukum pidana terkhusus dalam bidang Justice Collaborator, serta dapat memberikan saran kepada aparat penegak hukum tentang bagaimana penerapan Justice Collaborator dalam kasus narkotika. Jenis penelitian dalam skripsi ini adalah metode penelitian hukum normatif. Hasil dari penelitian ini adalah belum adanya penerapan pengurangan masa tahanan pada terdakwa Farida als Ida binti Abdul Rojak yang mempunyai status sebagai Justice Collaborator yang merupakan pengurangan masa tahanan adalah salah satu hak yang seharusnya dapat terdakwa peroleh. Maka disimpulkan bahwa maka Penerapan pengaturan Justice Collaborator terhadap Putusan Pengadilan Negeri Jakarta utara Nomor 770/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr dalam putusan tersebut penerapan Justice Collaborator tidak sesuai dengan peraturan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Ade Adhari, S.H., M.H.
Uncontrolled Keywords: Justice Collaborator
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 12 Dec 2023 07:41
Last Modified: 12 Dec 2023 07:41
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42364

Actions (login required)

View Item View Item