Kewenangan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Menangani Sengketa Perasuransian (Studi Kasus Putusan Nomor 320/Pdt.G/2019/PN Mdn)

Gunawan, Arthuro Richie (2023) Kewenangan Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen dalam Menangani Sengketa Perasuransian (Studi Kasus Putusan Nomor 320/Pdt.G/2019/PN Mdn). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Arthuro Richie Gunawan_205190019.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab Isi_Arthuro Richie Gunawan_205190019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Arthuro Richie Gunawan_205190019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
Lampiran_Arthuro Richie Gunawan_205190019.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Berbagai sektor kegiatan yang terdapat di masyarakat, di dalamnya dapat terjadi persengketaan yang sukar untuk diselesaikan secara internal. Suatu sengketa dapat ditindaklanjuti dengan menyelenggarakan penyelesaian sengketa. Penyelesaian sengketa dapat dilakukan di luar pengadilan, salah satunya melalui Lembaga Alternatif Penyelesaian Sengketa (LAPS), namun ketika memilih LAPS harus memperhatikan mengenai sektor dari persengketaan yang terjadi. Pada tahun 2016 hingga 2019 merujuk pada UU Perasuransian serta peraturan-peraturan hukum terkait, LAPS dengan kewenangan melakukan penyelesaian persengketaan di sektor perasuransian adalah Badan mediasi dan Arbitrase Asuransi Indonesia (BMAI). Dalam sebuah kasus sengketa di sektor perasuransian antara PT Prudential Life Assurance dengan Ny. Yurnawilis (kasus dari Putusan No. 320/Pdt.G/2019/ PN Mdn), lembaga selain BMAI, yaitu Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) melakukan penyelesaian sengketa asuransi tersebut dan bahkan tanpa persetujuan ataupun kehadiran dari pihak PT Prudential Life Assurance, sehingga terdapat permasalahan hukum. Merujuk pada peraturan hukum yang berlaku saat kasus tersebut terjadi, maka BMAI adalah lembaga yang berwenang untuk melakukan penyelesaian sengketa asuransi tersebut dan bahwa BPSK tidak berwenang menyelesaikan sengketa tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Prof. Dr. Amad Sudiro S.H., M.H., M.M., M.Kn.
Uncontrolled Keywords: Asuransi; Sengketa; Alternatif Penyelesaian Sengketa;
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:32
Last Modified: 13 Dec 2023 01:32
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42368

Actions (login required)

View Item View Item