Analisa Atas Penerapan Fakta Atau Keadaan Yang Terbukti Secara Sederhana Dalam Perkara PKPU (Studi Putusan Nomor 22/Pdt.Sus- Pkpu/2021/Pn.Niaga.Smg dan 10/Pdt.Sus-Pkpu/2022/Pn.Smg).

Santoso, Aurelius Hendarmin (2023) Analisa Atas Penerapan Fakta Atau Keadaan Yang Terbukti Secara Sederhana Dalam Perkara PKPU (Studi Putusan Nomor 22/Pdt.Sus- Pkpu/2021/Pn.Niaga.Smg dan 10/Pdt.Sus-Pkpu/2022/Pn.Smg). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Aurelius Hendarmin Santoso_205190214.pdf

Download (0B)
[img] Text
Bab isi_Aurelius Hendarmin Santoso_205190214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
Daftar Pustaka_Aurelius Hendarmin Santoso_205190214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)
[img] Text
Lampiran_Aurelius Hendarmin Santoso_205190214.pdf
Restricted to Registered users only

Download (0B)

Abstract

Kepastian hukum menjadi faktor krusial khususnya bagi masyarakat Indonesia. Dalam pelaksanaannya, masyarakat melakukan suatu kegiatan yang berkaitan dengan hukum seperti melakukan perjanjian, diperlukan suatu pengaturan yang mengatur guna terlindunginya orang orang yang melakukan perjanjian tersebut. Di dunia bisnis, istilah debitor dan kreditor merupakan suatu hal yang sangat tidak asing, kedua hal tersebut juga berkaitan erat dengan utang piutang dan hak kewajiban kedua belah pihak. Permasalahan yang diteliti oleh penulis kali ini adalah berkaitan dengan kepailitan dan penundaan kewajiban pembayaran utang, yang mana hal tersebut sudah diatur di Undang-Undang Nomor 37 Tahun 2004 Tentang Kepailitan dan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang. Dalam Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang atau PKPU, debitor merupakan pihak yang memiliki utang dan kreditor adalah yang memiliki piutang karena perjanjian yang telah mereka buat. Akan tetapi, fokus penulis pada permasalahan ini adalah pada kedua putusan yang seharusnya bisa dijadikan yurisprudensi agar permasalahan serupa dapat diselesaikan dengan acuan yurisprudensi tersebut, akan tetapi kedua putusan tersebut menghasilkan hasil putusan yang berbeda dengan permasalahan yang sama. Oleh karenanya, penulis melakukan penelitian ini agar terjawabnya kepastian hukum dari permasalahan tersebut.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Richard C. Adam, S.H. LL.M.
Uncontrolled Keywords: PKPU, Putusan, Utang, Debitor dan Kreditor
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Dec 2023 01:46
Last Modified: 13 Dec 2023 01:46
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42370

Actions (login required)

View Item View Item