Tinjauan Yuridis Terhadap Penerapan Restorative Justice Dalam Penanganan Kasus Tindak Pidana Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif

Mudiranto, Baptista Veranius (2023) Tinjauan Yuridis Terhadap Penerapan Restorative Justice Dalam Penanganan Kasus Tindak Pidana Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
Cover-Abstrak_Baptista Veranius Mudiranto_205190169.pdf

Download (710kB)
[img] Text
Bab isi_Baptista Veranius Mudiranto_205190169.pdf
Restricted to Registered users only

Download (899kB)
[img] Text
Daftar Pustaka_Baptista Veranius Mudiranto_205190169.pdf
Restricted to Registered users only

Download (432kB)
[img] Text
Lampiran_Baptista Veranius Mudiranto_205190169.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penerapan restorative justice dalam penanganan perkara tindak pidana menjadi pembaharuan sistem penegakan hukum pidana yang lebih efisien dalam tahap penyidikan yang di lakukan oleh kepolisian. Permasalahan yang diteliti berkenaan dengan penerapan restorative justice Dalam Penanganan Kasus Tindak Pidana Berdasarkan Peraturan Kepolisian Nomor 8 Tahun 2021 Tentang Penanganan Tindak Pidana Berdasarkan Keadilan Restoratif dengan menggunakan metode penelitian empiris. Proses pelaksanaan penyidikan perkara tindak pidana dalam perkara tertentu dapat diselesaikan menggunakan pendekatan restorative justice berdasarkan pedoman Perkapolri No. 8 Tahun 2021 yang dalam prosesnya menggunakan mekanisme dan syarat yang diatur di dalam peraturan tersebut. Penerapan restorative justice di tahap penyidikan karena adanya permintaan dari masing-masing pihak yang menginginkan penyelesaian perkara dengan restorative justice sehingga penyidik sebagai mediator harus dapat menempatkan kepentingan para pihak dan penyelesaiannya harus sesuai dengan prosedur yang ada agar dapat menciptakan keadilan secara prosedural maupun substansial yang dapat di rasakan oleh para pihak, baik korban, pelaku dan masyarakat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Additional Information: Dr. Hery Firmansyah, S.H., M.Hum., MPA.
Uncontrolled Keywords: Restorative Justice, Kepolisian, Penyidikan, Tindak Pidana
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Hukum
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: FH Perpus
Date Deposited: 13 Dec 2023 02:48
Last Modified: 13 Dec 2023 03:11
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42372

Actions (login required)

View Item View Item