Validasi prediksi durasi proyek infrastruktur jalan tol dengan metode earned schedule

Chrisna, Chraladea (2023) Validasi prediksi durasi proyek infrastruktur jalan tol dengan metode earned schedule. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325190112_CHRALADEA_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Pengesahan.pdf

Download (155kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Daftar Isi.pdf

Download (45kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Abstrak.pdf

Download (9kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (171kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (751kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (653kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (725kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7kB)
[img] Text
325190112_CHRALADEA_Daftar Pustaka.pdf

Download (17kB)

Abstract

Permasalahan keterlambatan durasi waktu proyek sangat umum ditemukan diberbagai proyek konstruksi di seluruh Indonesia. Terdapat banyak metode yang dikembangkan untuk mengatasi permasalahan ini, salah satunya adalah metode Earned Schedule. Metode ini dikembangkan dari metode Earned Value yang mengubah indikator biaya yang terdapat pada Earned Value menjadi indikator waktu dalam metode Earned Schedule. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah metode Earned Schedule layak digunakan untuk memprediksi durasi akhir untuk proyek infrastruktur jalan tol di Indonesia. Penelitian ini dilakukan dengan cara membandingkan rata-rata dua populasi antara rata-rata populasi durasi dengan Earned Schedule dan rata-rata populasi durasi realisasi yang diambil dari kenyataan. Selanjutnya sampel rata-rata populasi tersebut diuji melalui uji hipotesis selisih rata-rata untuk mengetahui apakah kedua sampel tersebut berada dalam satu populasi yang sama. Data yang terkumpul pada penelitian ini adalah sebanyak 7 data kurva-s yang masih dalam proses konstruksi dan 4 data kurva-s yang sudah selesai. Hasilnya, populasi prediksi durasi akhir dengan metode Earned Schedule tidak memiliki selisih rata-rata dengan populasi prediksi durasi akhir realisasi. Dengan demikian, metode Earned Schedule dinilai cukup layak digunakan untuk memprediksi durasi akhir proyek jalan tol di Indonesia. Kata kunci: keterlambatan, konstruksi, infrastruktur, jalan tol, Earned Schedule.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 30 Dec 2023 09:47
Last Modified: 30 Dec 2023 09:47
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42466

Actions (login required)

View Item View Item