Analisis keselamatan pada perlintasan sebidang jl. Letjen Suprapto (JPL 30, stasiun Pasar Senen)

Marcelino, Steven (2023) Analisis keselamatan pada perlintasan sebidang jl. Letjen Suprapto (JPL 30, stasiun Pasar Senen). Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.

[img] Text
325190099_STEVEN_Cover.pdf

Download (90kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Daftar Isi.pdf

Download (217kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Abstrak.pdf

Download (8kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Bab 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (134kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Bab 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Bab 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (628kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Bab 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Bab 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11kB)
[img] Text
325190099_STEVEN_Daftar Pustaka.pdf

Download (231kB)

Abstract

Perlintasan sebidang merupakan perpotongan sebidang antara jalur kereta api dengan jalan raya. Dua jenis pertemuan prasarana transportasi seperti jalan raya dengan rel kereta api merupakan bentuk pertemuan yang dapat menimbulkan kecelakaan lalu lintas. Perlintasan Jalan Letjen Suprapto adalah salah satu perlintasan yang terbentuk dari pertemuan antara dua jenis prasarana transportasi yaitu jalan raya dengan jalan rel kereta api. Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan metode survei pada lalu lintas dan juga pengukuran geometrik jalan pada sisi ruas jalan dan sisi ruas jalur perlintasan kereta di Jalan Letjen Suprapto, Jakarta Pusat. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui rambu-rambu lalu lintas, geometrik, kondisi perkerasan rel kereta api, dan perilaku dari pengguna jalan di JPL 30. Hasil analisa penentuan perlintasan adalah tidak sebidang dikarenakan SMPK selama waktu survei adalah 108.300 smpk, 100.100 smpk, dan 70.310 smpk. Sedangkan, batas persyaratan perlintasan sebidang adalah 35.000 smpk. Persentase terjadinya potensi kecelakaan adalah 18% dengan skala probability = D (jarang terjadi), severity = 4 (korban jiwa > 1 orang, gangguan operasional, kerugian besar), dan masuk kategori risk High. Untuk jenis pelangggarannya adalah pengguna jalan menerobos palang pintu perlintasan yang sudah tertutup. Kata kunci: Perlintasan sebidang, Jalan Letjen Suprapto, Transportasi, Kereta api, Lalu lintas, Rambu, Geometrik, Perkerasan rel, dan Perilaku pengguna jalan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Skripsi/Tugas Akhir
Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik
Divisions: Fakultas Teknik > Teknik Sipil
Depositing User: TDI Family perpus
Date Deposited: 30 Dec 2023 10:20
Last Modified: 30 Dec 2023 10:20
URI: http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42468

Actions (login required)

View Item View Item