Limmanto, Virginia (2023) Perancangan sekolah dan pusat terapi untuk anak penyandang autisme dengan pendekatan desain sensori. Skripsi thesis, Universitas Tarumanagara.
|
Text
315190006_VIRGINIA_Cover.pdf Download (618kB) | Preview |
|
|
Text
315190006_VIRGINIA_Pengesahan.pdf Download (569kB) | Preview |
|
|
Text
315190006_VIRGINIA_Daftar Isi.pdf Download (498kB) | Preview |
|
|
Text
315190006_VIRGINIA_Abstrak.pdf Download (124kB) | Preview |
|
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 1.pdf Restricted to Repository staff only Download (865kB) |
||
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 2.pdf Restricted to Repository staff only Download (987kB) |
||
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 3.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 4.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
||
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 5.pdf Restricted to Repository staff only Download (424kB) |
||
Text
315190006_VIRGINIA_Bab 6.pdf Restricted to Repository staff only Download (108kB) |
||
|
Text
315190006_VIRGINIA_Daftar Pustaka.pdf Download (32kB) | Preview |
Abstract
Perancangan sekolah dan pusat terapi untuk anak berkebutuhan khusus autisme (Autism Spectrum Disorder) merupakan respon dari kurangnya fasilitas terapi dan pendidikan khusus bagi anak penyandang autisme di kota Jakarta. Beberapa pusat terapi untuk anak penyandang autisme di Jakarta telah ditutup akibat dari covid-19. Data dari Center for Disease Control and Prevention dimana kasus anak yang menyandang autisme mengalami peningkatan setiap tahunnya termasuk di Indonesia. Tercatat wilayah Jakarta Barat menjadi angka terbanyak untuk anak yang menyandang autisme. Di Jakarta, Kecamatan Cengkareng tidak memiliki banyak fasilitas yang memadai untuk anak penyandang autisme. Hal ini terjadi karena mayoritas sekolah dan tempat terapi untuk mereka terletak di daerah Jakarta Selatan dan Jakarta Timur. Tempat terapi untuk anak berkebutuhan khusus di Indonesia pada umumnya berada di bangunan ruko ataupun di rumah tinggal yang difungsikan sebagai tempat terapi untuk mewadahi kegiatan khusus tersebut. Oleh sebab itu, dibutuhkan adanya sekolah dan tempat terapi khusus untuk anak penyandang autisme di wilayah Jakarta Barat. Metode penelitian ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif yang didasari pada teori, data, dan informasi mengenai program yang bermaksud untuk memahami perilaku, tindakan, dan minat. Metode desain yang diterapkan menggunakan persepsi sensori dimana persepsi ruang berpengaruh pada perilaku subjek pada aktivitas sehari-hari maupun pada lingkungan belajar. Kata kunci: Autisme; Sekolah; Sensori; Terapi
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | Skripsi/Tugas Akhir Skripsi/Tugas Akhir > Fakultas Teknik |
Divisions: | Fakultas Teknik > Teknik Arsitektur |
Depositing User: | TDI Family perpus |
Date Deposited: | 01 Jan 2024 11:54 |
Last Modified: | 01 Jan 2024 11:54 |
URI: | http://repository.untar.ac.id/id/eprint/42500 |
Actions (login required)
View Item |